MR. PARKER: MEDIA REVOLUSI KARAKTER ANAK BANGSA BERBASIS ADVENTURE GAMES MENUJU INDONESIA EMAS 2045

Nur Afia Awalia, Amzal Adam, Muhammad Agung

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan utama karena berperan penting dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia bagi pembangunan bangsa yang mampu mengasah skills, kecerdasan serta pembentukan karakter agar terhindar dari berbagai perilaku menyimpang. Revolusi karakter merupakan nawacita kedelapan pemerintah, pembangunan revolusi karakter sebaiknya dimulai dari usia dini yang disebut sebagai fase Golden Age karena masa ini sangat menentukan seperti apa perilaku anak kedepannya. Menurut Soekidjo Notoatmodjo (2007: 133) perilaku merupakan suatu kegiatan makhluk hidup yang pada hakikatnya adalah suatu tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri. Lemahnya pendidikan karakter sejak dini mengakibatkan maraknya tindakan kriminal. Kasus yang mencuri perhatian publik yaitu seorang guru dipukuli oleh orangtua siswa lantaran tidak terima anaknya diberi sanksi karena melakukan pelanggaran, ditambah lagi siswa tersebut ikut memukuli gurunya. Kini mereka dikenakan pasal 170 KUHP dengan hukuman maksimal 7 tahun penjara. (Hendra, 2016). Berdasarkan hal tersebut diperlukannya sebuah media yang dapat mengatur pola perilaku yang membiasakan anak agar dapat terhindar dari berbagai perilaku menyimpang dengan penanaman budi pekerti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif-deskriptif dengan pendekatan Research and Development, subjeknya ialah pendidikan karakter dan objeknya ialah anak usia dini. Mr Parker merupakan sebuah media pendidikan karakter yang didesain dengan mengkombinasikan sebuah permainan penjelajahan dengan menanamkan budi pekerti. Adapun langkah dalam memainkan Mr Parker ialah: persiapan, permulaan, pelaksanaan, rekapitulasi dan evaluasi. Manfaat Mr Parker ialah sebagai media revolusi karakter dalam mewujudkan nawacita kedelapan presiden Republik Indonesia melalui pengajaran nilai-nilai budi pekerti berbasis adventure games yang menanamkan lima nilai utama bersumber dari pancasila, yaitu: religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan gotong royong.

 

Kata Kunci : Adventure Games, Anak Usia Dini, Indonesia Emas 2045, Revolusi Karakter


Full Text:

PDF

References


Arlitasari, Oni, dkk. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bebasis Salingtemas dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. Jurnal Pendidikan Fisika. VOL 1 (1).

Hendra. 2016. Penganiayaan Guru. (Online). https:m.tempo.co.news. diakses 28 April 2018.

Setyawan, Davit. 2017. KPAI Terima Aduan 26 Ribu Kasus Bully Selama 2011- 2017 (Online). (www.kpai.co.id.) diakses 6 April 2018.

Sururududdin, Muhammad 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Conseptual Understanding Prosedures (Cups) Pada Mata Pelajaran Ipa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Education. VOL 10 (1).




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v5i1.1661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats