PENINGKATAN KUALITAS MORAL ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN BERBASIS KISAH KETELADANAN NABI DAN RASUL DI TK/TPA NURHIDAYAH KAMPUNG PARANG DESA PALANGGA

Aminul Arif, Dirgahayu Dirgahayu, Ade Lin Osti, Nurwahida Nurwahida

Abstract


Pendidikan Agama Islam merupakan suatu ajaran yang wajib di berikan kepada setiap manusia yang beragama Islam, pentingnya penanaman pendidikan agama Islam mulai usia dini, karena pada anak usia dini merupakan fase meniru kebiasaan yang ada pada lingkungan tempat tinggalnya. Berdasarkan pengamatan peneliti melihat ada masalah dalam peningkatan nilai-nilai moral anak. Hal ini disebabkan karena kurannya penanaman nilai-nilai moral yang baik, metode yang digunakan guru kurang tepat dan kurang menyenangkan, media yang dapat meningkatkan nilai-nilai moral anak masih terbatas. Dengan penanaman moral sejak anak usia diharapkan akan membentuk pribadi yang damai sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi serta peningkatan kualitas moral anak usia dini melalui media boneka tangan berbasis kisah keteladanan Nabi dan Rasul di TK/TPA Nurhidayah Kampung Parang Desa Palangga. Pentingnya pendidikan anak sejak usia dini didasarkan pada UU No. 20 Tahun 2003 (Pasal 1 butir 14) tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan untuk anak sejak lahir sampai dengan 6 (enam) tahun untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan ruhani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut (Sri Jumiyati, 2016).  Moral sebagai benteng pertahanan bagi generasi muda bangsa yang harus ditanamkan sejak usia dini. Dengan menggunakan media boneka tangan pada anak usia dini, dengan memberikan cerita kisah keteladanan Nabi dan Rasul yang mengandung banyak pelajaran terhadap moral Islam seperti yang terdapat dalam QS. Yusuf ayat 111. Melalui penelitian ini yang berjudul “Peningkatan Kualitas Moral Anak Usia Dini melalui Media Boneka Tangan Berbasis Kisah Keteladanan Nabi dan Rasul Di TK/TPA Nurhidayah Kampung Parang Desa Palangga” yang disusun menggunakan metode penelitian PTK (penelitian tindakan kelas). Melalui dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II, dengan menceritakan kisah Nabi dan Rasul menggunakan media boneka tangan. Adapun perbandingan hasil belajar kisah-kisah Nabi dan Rasul pada santri TK/TPA Nurhidayah sebelum pelaksanaan dan setelah pelaksanaan siklus I dan Siklus II yaitu, menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar santri sebelum penelitian adalah 66,66 meningkat menjadi 68,88 pada siklus I dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 81,61.

 

Kata Kunci: Anak Usia Dini, Media Boneka Tangan, Moral, Nabi dan Rasul


Full Text:

PDF

References


Ridwan, A. S., dkk. (2016). Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Khadijah. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishin.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v4i2.1625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats