KUALITAS PELAYANAN KTP-EL PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL GOWA DI KABUPATEN GOWA

Amzal Adam, Muhammad Agung, Indra Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas pelayanan KTP-el pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Gowa di Kabupaten Gowa yang berlandaskan pada UU Nomor 16 Tahun 2014 tentang Perumusan pelayanan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 16 Tahun 2014 dan teori Zeithaml dkk dalam Hardiyansyah (2011:46-47) mengenai lima dimensi kualitas pelayanan. Metode penelitian yaitu kualitatif tipe deksriptif, peneliti dipandu mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh, luas, dan mendalam. Teknik analisis data menggunakan Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian data (Display Data), dan Verifikasi Data (Data Verification). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas pelayanan pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Gowa sudah  mengikuti aturan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16 tahun 2014 dan telah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Zeithaml dkk dalam Hardiyansyah (2011:46-47) mengenai lima dimensi kualitas pelayanan . Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai keinginan masyarakat, antara lain kekurangan blanko pada saat pembuatan KTP-el, pegawai memberikan jangka waktu selesainya dibuat KTP-el kepada pemohon, namun tidak diselesaikan sesuai dengan waktu yang dijanjikan, dan fasilitas tempat tunggu masih kurang memadai dengan banyaknya pemohon yang datang setiap harinya, serta kebersihan kantor khususnya di bagian halaman masih kurang baik.

 

Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, KTP-EL, Kualitas Pelayanan


Full Text:

PDF

References


Munir, U. (2016). Pemanfaatan E-KTP untuk Proses Pemungutan Suara Pemilihan Umum di Indonesia Menggunakan Sistem E-Vote. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 4 (1):2-4. Diakses dari http://ojs.amikom.ac.id.

Sufryanthi, & Yahdi K. (2016). Pengaruh Pelayanan Pembuatan E-KTP terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12 (1):81-90. Diakses dari http://ejournal.nusamandiri.ac.id.

Sutanta E. & Ahmad A. (2012). Distribusi Basis Data Kependudukan Untuk Optimalisasi Akses Data: Suatu Kajian Pustaka. Jurnal Ilmu Komputer, 5 (1):1-9. Diakses dari http://ojs.unud.ac.id/.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v4i2.1614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENA : JURNAL PENELITIAN DAN PENALARAN



Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats