PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSA
Abstract
Proses belajar mengajar akan berhasil bila hasilnya mampu membawa perubahan dalam diri anak didik. Namun realitas, guru masih menggunakan paradigma lama, guru memposisikan diri sebagai sumber pengetahuan (teacher oriented) dan siswa sebagai penyerap pengetahuan. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif Kuantitatif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar dan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas dan cukup berhasil diterapkan dalam kelas
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar
dan Pembelajaran. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar
dan Pembelajaran. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
Isjoni, 2009. Cooperative Learning.
Bandung: Alfabeta.
Lie, 2008. Cooperative Learning.
Jakarta: Grasindo.
Putra Sahid. 2013. Skripsi Syahidon. (O
nline) http://syahidputratmj.com
Diaskes Rabu, 6 Mei 2015 Pukul
:36 WITA).
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar (cet.
XV). Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D,
Jakarta: Alfabeta.
Suprijono, Agus, 2010. Cooperative
Learning Teori & Aplikasi
Paikem. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Ucicha Izuna. 2015. Proposal
matematika kooperatif tipe team
assisted individualization tai.
(Online)http://www.academia.e
du i(Diakses Jumat, 8 Mei 2015
Pukul 20:11 WITA)
Wdodo, Urip. 2013.. Penerapan Metode
Pembelajaran Kolaboratif
Untuk Meningkatkan Prestasi
Belajar Siswa Kelas x Pada
Mata Pelajaran Membaca
Gambar Sketsa Di Smk Negeri
Klaten
Effendi, Leo Adhar. "Pembelajaran
matematika dengan metode
penemuan terbimbing untuk
meningkatkan kemampuan
representasi dan pemecahan
masalah matematis siswa
SMP." Jurnal Penelitian
Pendidikan 13.2 (2012).
Muldayanti, NURI DEWI.
"Pembelajaran Biologi Model
STAD dan TGT ditinjau dari
Keingintahuan dan Minat
Belajar Siswa." Jurnal
Pendidikan IPA Indonesia 2.1
(2013).
Purwanto, Rudy, and S. Si.
"Peningkatan motivasi dan hasil
belajar siswa pada Kompetensi
sistem koordinasi melalui
metode Pembelajaran teaching
game team terhadap siswa kelas
xi Ipa sma smart ekselensia
indonesia tahun ajaran 2010-
" Jurnal Pendidikan
Dompet Dhuafa edisi I (2011):
-14
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i1.12245
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats