PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSA

Sahrul Rohman

Abstract


Proses belajar mengajar akan berhasil bila hasilnya mampu membawa perubahan dalam diri anak didik. Namun realitas, guru masih menggunakan paradigma lama, guru memposisikan diri sebagai sumber pengetahuan (teacher oriented) dan siswa sebagai penyerap pengetahuan. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif Kuantitatif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar dan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas dan cukup berhasil diterapkan dalam kelas


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar

dan Pembelajaran. Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar

dan Pembelajaran. Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar

Mengajar. Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Isjoni, 2009. Cooperative Learning.

Bandung: Alfabeta.

Lie, 2008. Cooperative Learning.

Jakarta: Grasindo.

Putra Sahid. 2013. Skripsi Syahidon. (O

nline) http://syahidputratmj.com

Diaskes Rabu, 6 Mei 2015 Pukul

:36 WITA).

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar (cet.

XV). Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D,

Jakarta: Alfabeta.

Suprijono, Agus, 2010. Cooperative

Learning Teori & Aplikasi

Paikem. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Ucicha Izuna. 2015. Proposal

matematika kooperatif tipe team

assisted individualization tai.

(Online)http://www.academia.e

du i(Diakses Jumat, 8 Mei 2015

Pukul 20:11 WITA)

Wdodo, Urip. 2013.. Penerapan Metode

Pembelajaran Kolaboratif

Untuk Meningkatkan Prestasi

Belajar Siswa Kelas x Pada

Mata Pelajaran Membaca

Gambar Sketsa Di Smk Negeri

Klaten

Effendi, Leo Adhar. "Pembelajaran

matematika dengan metode

penemuan terbimbing untuk

meningkatkan kemampuan

representasi dan pemecahan

masalah matematis siswa

SMP." Jurnal Penelitian

Pendidikan 13.2 (2012).

Muldayanti, NURI DEWI.

"Pembelajaran Biologi Model

STAD dan TGT ditinjau dari

Keingintahuan dan Minat

Belajar Siswa." Jurnal

Pendidikan IPA Indonesia 2.1

(2013).

Purwanto, Rudy, and S. Si.

"Peningkatan motivasi dan hasil

belajar siswa pada Kompetensi

sistem koordinasi melalui

metode Pembelajaran teaching

game team terhadap siswa kelas

xi Ipa sma smart ekselensia

indonesia tahun ajaran 2010-

" Jurnal Pendidikan

Dompet Dhuafa edisi I (2011):

-14




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i1.12245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats