Pemanfaatan Platfrom Digital Merdeka Mengajar (PMM) dalam menumbuhkan Literasi Digital bagi Guru pada Program Kampus Mengajar Batch 4 (Studi kasus di SMP Attaufiqiyyah)

Sahrul Rohman

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan platform digital “Platfrom Merdeka Mengajar” (PMM) untuk meningkatkan literasi digital guru yang terlibat dalam Kampus Mengajar batch 4 di SMP Attaufiqiyyah. Literasi digital menjadi semakin penting di era digital, terutama bagi para pendidik yang perlu mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kasus di SMP Attaufiqiyyah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru peserta kurikulum angkatan 4 di sekolah yang menggunakan PMM dalam kegiatan pembelajarannya. Penelitian studi kasus (case study) adalah salah satu bentuk penelitian kualitatif yang berbasis pada pemahaman dan perilaku manusia berdasarkan pada opini manusia (Polit & Beck, 2004). Subjek dalam penelitian dapat berupa individu, group, instansi atau pun masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan PMM berkontribusi signifikan terhadap peningkatan literasi digital guru. Melalui PMM, guru memiliki akses terhadap berbagai sumber pembelajaran digital seperti modul pembelajaran interaktif, video edukasi, dan diskusi online dengan mentor dan sesama guru. Penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah hambatan, seperti terbatasnya akses internet di beberapa daerah, serta tingkat kesiapan teknologi guru yang bervariasi. Oleh karena itu, disarankan agar pengembangan literasi digital melalui PMM juga dibarengi dengan upaya peningkatan infrastruktur teknologi dan pelatihan mendalam bagi para guru. Pemanfaatan Platfrom Merdeka Mengajar (PMM) memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi digital bagi guru dan kurikulum di SMP Attaufiqiyyah. PMM tidak hanya memberikan akses terhadap sumber belajar digital, namun juga membantu mengatasi hambatan dan peningkatan kepercayaan diri guru dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Dengan mempertimbangkan keterbatasan yang ada, PMM dapat terus menjadi cara yang efektif untuk mengembangkan kompetensi digital pendidik.


Full Text:

PDF

References


Rosyida Nurul Anwar, Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, Volume 9 Issue 1 2021 Pages 210-220

Afandi, Chamalah, Wardani. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Unissula Press

Ministry of Education and Culture. 2020. Pioneer Teaching Campus Students' Book. Jakarta: Ministry of Education and Culture.

Ministry of Education and Culture. 2022. Main Pocket Book of Student Activities: Campus Teaching Program 2022.

LPDP. 2022. Campus Teaching Program Guide Batch 4. https://repositori.kemendikbud.go.id/22633/1/Panduan-Program-KampusMengajarAngkatan-4-Tahun-2022.pdf.Accessed:November25,2022.

Oktifa. Nita. 2022. Limited Face-to-Face Learning Strategy (PTM) in 2022. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/strategi-pembelajaran-tatap-mukaptm#:~:text=While%20PTM%20limited%20is%20learning,alsoa%20studying%20in%20school.Accessed:November30,2022.

University of Muhammadiyah Malang. 2018. Teaching Campus Program. https://keguruan.umm.ac.id/en/pages/program-kampus-mengajar.html.Accessed: November 30, 2022.

Julian, Meda. et al. 2020. Courageous Learning for Education: Theory and Application. Our Writing Foundation.

Sudaryanto, The Concept of Free Learning-Free Campus and Its Application in Indonesian Language (and Literature) Education.

Deni Sopiansya, Volume 4 Number 1 (2022), Concept and Implementation of the MBKM (Independent Learning Campus Merdeka) Curriculum, Reslaj: Laa Roiba Journal of Social Religious Education.

Rahma Adellia, Actualization of Student Roles Through Campus Teaching Activities at Muhammadiyah Lahat Elementary School, PROCEDURE OF THE NATIONAL SERVICE SEMINAR AT Lancang KUNING COMMUNITY UNIVERSITY.

Kusumawati, Rini. 2022. "Campus Teaching Batch 3 (Literacy & Numeracy)"

Dela Marisana, 2023, Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar, JURNAL BASICEDU.

Endang Stiariny, 2023 PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU, Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan

Arif Mahya Fanny, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2022, Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya, Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Wibowo, Tubagus Umar Syarif Hadi. "Peluang Dan Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran Sejarah." (2022).

Kusumawijaya, Rizal Izmi, Ismi Novianti, and Tubagus Umar Syarif Hadi Wibowo. "Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Program Magang dan Aplikasinya dalam Pendidikan Sejarah." Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 2.1 (2022): 1-13.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i1.12245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats