Pengaruh Media Pembelajaran Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di SMK Negeri 9 Maros

Uswatun Hasanah, Nurfadilla Adelia, Nurfadilla Adelia, Irmawati Thahir, Irmawati Thahir, Nasir Nasir, Nasir Nasir, Rezki Megawati Idrus, Rezki Megawati Idrus

Abstract


Media Flipbook merupakan media pembelajaran yang digunakan sebagai bahan ajar siswa yang tampilannya sama seperti buku, namum hasilnya dalam bentuk digital yang bisa diakses kapan saja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flipbook siswa kelas X 6 di SMA Negeri 9 Maros terhadap hasil belajar materi berpikir komputasional. Sampel penelitian ini sebanyak 36 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre- eksperimen one-group pre-test post-test design. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda yang diberikan dua kali yakni sebelum diberikannya perlakuan (pre- test) dan setelahnya diberikan perlakuan (post-test). Maka berdasarkan hasil analisis data, peneliti mengetahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menggunakan media flipbook. Ditunjukkan dari nilai rata-rata post-test (80,28%) yang lebih besar dari nilai pre-test (53,89%), terdapat kenaikan sebesar 26,395%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siwa kelas X 6 SMA Negeri 9 Maros.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Rifa’i Nana Sudjana, Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002.

Andarini, T., Masykuri, M., dan Sudarisman, S. 2013.

Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Melalaui Media

Flipchart Dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar. Jurnal Bioedukasi. 6(2): 102- 119.

Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi islam: pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, A (2), 234-442.

Hadis, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Conteksual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Muhammadiyah Kalosi Kab. Enrekang. Jurnal Kependidikan Media, 1 (1):39.

Susilana, R dan Riyana, C. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif fan R&D. Bandung: Alfabeta

Putra, E. A., Sudiana, R., Pamungkas,

A.S. 2020. Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA. Kreano. Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif, 11 (1): 36-45. https://doi.org/10.15294/kreano. v11il.21014

Wahyuliyani, Y., Supriadi U., Anwar S.2016. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Jurnal TARBAWY, 1(1): 69-79.

Wahyuliani, Y., Supriadi, & Ariawan, R. (2020). Efektifitas Penggunaan Media

Pembelajaran Flipbook Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata

Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Bandung, TARBAWY, 3(1), 22-23

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

Masitoh, Afie. 2021. Pengaruh Model

Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 4 (1):22.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v11i1.14431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats