PENGARUH DISTANCE LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS 4 UPT SPF SD INPRES ANDI TONRO KECAMATAN TAMALATE KOTA MAKASSAR
Abstract
teknologi informasi bukanlah suatu hal yang tabu lagi bagi pendidik maupun
tenaga pendidik di setiap jenjang tingkatan, pembelajaran jarak jauh yang dinilai
dapat mengatasi dan lebih efektif juga harus sesuai dengan aspek-aspek tujuan
pembelajaran. Adapun tujuan di lakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pengaruh distance learning terhadap keterampilan membaca siswa. Jenis
penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pendekatan yangdigunakan pada
penelitian ini adalah korelasi yaitu untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan
dua peubah atau lebih yang digambarkan oleh besarnya koefisien korelasi.
Koefisien korelasi adalah koefisien yang menggambarkan tingkat keeratan
hubungan dua peubah atau lebih. Adapun hasil dari penelitian ini Terdapat
pengaruh yang signifikan pada terhadap keterampilan membaca murid di UPT
SPF SD Inpres Andi Tonro, dimana dalam penelitian ini diperolehnilai rhitung
sebesar 0,6514, sedangkan nilai rtabel dengan 5% sebesar 0,2759. Dengan
demikian hipotesa kerja ( Ha) diterima, artinya “ada pengaruh distance learning
terhadap keterampilan membaca siswa di UPT SPF SD Inpres Andi Tonro
Makassar
Full Text:
PDFReferences
Aswat, H.dkk . 2021. Implikasi
Distance Learning di Masa Pandemi
P-ISSN 2355-
E-ISSN 2722-
J
urnal
PENA
Volume 9|Nomor (2)| (
PAGE 83)
COVID 19 terhadap Kecerdasan
Emosional Anak di Sekolah Dasar.
Jurnal basicedu. 5 (2) : 761-771.
Bali, M. M. E. I. 2019. Implementasi
Media Pembelajaran Berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi
dalam Distance Learning.
Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan
Islam. 3 (1): 29-40.
Cahyani, O. Dkk. 2021.Evaluasi
PembelajaranJarak Jauh Terhadap
Hasil Belajar Mahasiswa Baru Pada
Masa Pandemi Covid-19 (Studi
Kasus pada Mahasiswa Baru Tahun
Akademik 2020/2021 Program Studi
Administrasi Pendidikan, Fakultas
Ilmu Administrasi, Universitas
Brawijaya). Proceeding Umsurabaya.
(1): 298-299.
Farhurohman, O. 2017. Implementasi
Pembelajaran Bahasa Indonesia di
SD/MI.
Primary: Jurnal Keilmuan dan
Kependidikan Dasar. 9 (1): 23-34.
Hatmo, S. H. D. 2021. Dampak
Pandemi Covid-19 Terhadap
Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh
Secara Daring. Scholaria: Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2)
:115-122.
Khair, U. 2018. Pembelajaran Bahasa
Indonesia dan Sastra (BASASTRA)
di SD dan MI. AR-RIAYAH. Jurnal
Pendidikan Dasar. 2 (1): 81-98.
Khair, U. 2018. Pembelajaran Bahasa
Indonesia dan Sastra (BASASTRA)
di SD dan MI. AR-RIAYAH. Jurnal
Pendidikan Dasar. 2 (1): 81-98.
Lovedly, S. 2021.Pengaruh
Penggunaan E-Learning Terhadap
Motivasi Belajar Mahasiswa Selama
Pandemi Covid-19 Tahun 2020.
Jurnal Analisis Manajemen, 7(1) : 1-
Menteri Pendidikan Nasional, 2006.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional nomor 22 tahun 2006
tentang system pendidikan dasar dan
menengah 2006. Jakarta: PT Kloang
Klede Putra Timur bekerjasama
dengan Departemen Dalam negeri.
Mulyati, Y. 2014. Hakikat
keterampilan berbahasa.
(https://core.ac.uk/download/pdf/198
pdf, diakses 26 Januari 2022).
Muthmainnah, A. 2021.Pengaruh
gawai terhadap kemandirian belajar
siswa sekolah dasar selama
pembelajaran jarak jauh. Jurnal
Elementary: Kajian Teori dan Hasil
Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar,
(2) :121-124.
Nurrahmawati, S. dan Kurniawan, R.
Y. 2021. Pengaruh Kesiapan
Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap
Hasil Belajar Peserta Didik Selama
Pandemi Covid- 19 Pada Mata
Pelajaran Ekonomi Di SMA.
EDUKATIF: JURNAL ILMU
PENDIDIKAN, 3(4) :1559-1567.
Paida, A. 2021. Peningkatan
Keterampilan Menulis Paragraf
Narasi Melalui Media Animasi
Kartun Pada Siswa Kelas VII Smp
Unismuh Makassar. Jurnal Kajian
Bahasa, Sastra Indonesia, Dan
Pembelajarannya. 1 (1): 32- 41.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. 2020.
Analisa pemanfaatan teknologi
informasi dalam pembelajaran jarak
jauh di tengah pandemi virus corona
covid-19. Journal of Information
System, Applied, Management,
Accounting and Research, 4(2) : 30-
Sa’diyah, N. P., & Rosy, B. 2021.
Pengaruh Pembelajaran Daring
Terhadap Hasil Belajar Pada Masa
Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah
MEA (Manajemen, Ekonomi, &
Akuntansi), 5(2), 552-563.
Slamet, 2008. Dasar-dasar
Keterampilan Berbahasa Indonesia.
Surakarta: UNS Press
Solehan, dkk. 2008. Pendidikan
Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.
Jakarta: Universtas Terbuka.
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran
P-ISSN 2355-
E-ISSN 2722-
J
urnal
PENA
Volume 9|Nomor (2)| (
PAGE 83)
literasi dalam mata pelajaran bahasa
indonesia. Paramasastra: Jurnal
Ilmiah Bahasa Sastra dan
Pembelajarannya. 2 (1): 111-123.
Suharso, P. (2009). Metode Penelitian
Kuantitatif Untuk Bisnis. Jakarta: PT.
Malta Pritindo.
Sugiyono. 2015. Memahami penelitian
pendidikan (pendekatan kuantitatif,
kualitatif dan R & D). Penerbit CV.
Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian
Kombinasi (Mixed Methods).
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung, Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian
Kualitatif, Kuantitatif dan R&D.
Cetakan ke-
Alfabeta, Bandung.
Syamsuddin, R. 2021. Keterampilan
Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar.
(https://www.researchgate.net/public
ation/351496295, Diakses 26 Januari
Syarif, E. 2012. Keterampilan Dan
Pembelajaran Menulis Bahasa
Indonesia Bahan Ajar Diklat Guru
Bahasa Indonesia Madrasah
Stanawiyah.
(http://seputarbahasaindonesia.blogs
pot.com/2012/01/keterampilan-men
ulis.html, Diakses 26 Januari 2022).
Yuliarti, M. S. 2020. Interaksi Sosial
dalam Masa Krisis: Berkomunikasi
Online Selama Pandemi COVID-19.
Prosiding Nasional Covid-19, 15-20.
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020).
Pengembangan media dan strategi
pembelajaran untuk mengatasi
permasalahan pembelajaran jarak
jauh di pandemi covid-19. JGK
(Jurnal Guru Kita), 4(3), 51
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i2.12247
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats