PENGARUH PUZZLE QURAN SEBAGAI MEDIA EDUKASI ANAK JALANAN DI KOTA MAKASSAR

Sandi Pratama, Rahmi Fadilah Ramadani

Abstract


Puzzle Quran merupakan metode dalam memahami Al-quran karena selain mudah untuk dipahami oleh anak-anak, mainan ini pula sangat mengasyikkan. Jenis tulisan dalam karya tulis ini menggunakan jenis tulisan penelitian pustaka (library research). Objek tulisan dalam karya ini adalah Puzzle Quran. Didalam penyusunan dan pembuatan karya tulis ilmiah ini menggunakan beberapa refrensi dari buku-buku dan internet. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam karya tulis ilmiah ini yaitu deskriptif kualitatif, dimana analisa deskrptif kualitatif merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data kedalam bentuk penyajian yang sesuai. metode tajwid akan mempermudah membaca al-qur’an dan mengetahui Al-quran dengan baik dan benar. Metode ini juga memilki banyak manfaat terkhususnya untuk Anak Jalanan Kota Makassar karena dengan metode ini anak jalanan dikota makassar bisa bermain sambil mempelajari Al-quran dengan mudah.

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad Daud. 2004.

Pendidikan Agama Islam,

Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Departemen Agama RI. 2006. ALHikmah AL-Qur’an dan

Terjemahnya, Bandung:

Penerbit Diponegoro.

Human.as’ad.2002. Cara cepat belajar

Tajwid Praktis. Yogyakarta :

Balai titbang LPTQ nasional

Mujib, Abdul, dkk. 2006. Ilmu

Pendidikan Islam, Jakarta:

Kencana.

Nata, Abuddin. 2001. Pemikiran Para

Tokoh Pendidikan Islam,

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ridwan, Muhammad. 2012. (Makalah

Al-quran) . UIN Suska Riau.

Pekanbaru.

Shaleh, Abdul Rahman, dkk. 2003.

Didaktif Pendidikan Agama,

Jakarta: Bulan Bintang.

Saeruddin dan A. Shomad Robith.

Tuntunan Al-quran

Praktis, Surabaya: Indah.

Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar.

Metodologi Pengajaran

Agama dan Bahasa Arab,

Jakarta: PT. RajaGrafindo

Persada.




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i1.10710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats