Penerapan Strategi Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Memahami Isi Teks Pendek
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan memahami isi teks pendek dengan menggunakan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada Siswa Kelas 4 MIS Muhammadiyah Bujung Tangaya. Pelaksanaan P2K ini dilaksanakan di MIS Muhammadiyah Bujung Tangaya, pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 selama kurang lebih 2 (dua) bulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 MIS Muhammadiyah Bujung Tangaya, yang terdaftar pada tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 12 orang siswa dengan masing-masing terdiri dari 6 perempuan dan 6 laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari Siklus pra tindakan, Siklus I, dan Siklus II dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Strategi preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca teks pendek dengan nilai yang semakin meningkat dari siklus pra tindakan sampai siklus II. Hal itu ditunjukkan mulai dari pra tindakan dengan rincian Membaca dengan lancar 83%, Siklus I menjadi 92%, Siklus II Menjadi 100%. 2) Strategi preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks pendek dengan nilai yang semakin meningkat dari siklus pra tindakan sampai siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan rincian pra tindakan yaitu memahami soal dengan tepat 42%, Siklus I menjadi 75%, dan siklus II menjadi 92%. 3) Strategi preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan memahami isi teks pendek dengan nilai yang semakin meningkat dari siklus pra tindakan sampai siklus II. Hal ini ditunjukkan dari silus pra tindakan yaitu dengan rerata 42%, siklus I menjadi rerata 67% dan siklus II menjadi rerata 83%.
Full Text:
PDFReferences
(Guntur, Henry Tarigan, Membaca Sebagai
Suatu Keterampilan Berbahasa.,
(Bandung : Angakasa Bandung)
Alwi, Hasan. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. (Balai Pustaka:
Jakarta) 2007
Majid, Abdul. “Strategi Pembelajaran”,
(Bandung: PT Remaja
Rosdakarya) 2017.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v10i1.10708
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats