OPTIMASI PEMANFAATAN ZEOLIT SEBAGAI SUPLEMEN MINERAL PADA PAKAN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei)

Winang Muliana, Burhanuddin Burhanuddin, Rahmi Rahmi

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dosis optimal zeolit sebagai suplemen mineral dalam pakan dan untuk mengetahui respon maksimal terhadap pertumbuhan dan sintasan udang vaname (Litopenaeus vannamei). Penelitian ini dilaksanakan di tambak percobaan Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluh Perikanan (BRPBAP3) di Desa Punaga, Benih Udang Vaname yang digunakan sebanyak 60 ekor/wadah penelitian. Wadah yang digunakan adalah wadah Akuarium volume 60 liter air. Jumlah wadah penelitian sebanyak 12 buah dengan kapasitas masing-masing wadah sebanyak 60 liter. Perlakuan yang dicobakan adalah penambahan kapur Zeolit Sebagai Bahan Mineral Alternatif dalam Pakan Udang Vaname (L. vannamei) pada penelitian ini terdapat 4 Perlakuan. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan Tingkat kelangsungan hidup (SR) udang vaname selama penelitian menunjukkan bahwa semua Perlakuan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tertinggi yaitu pada dosis D 1,5% sebesar 65,56%. Berdasarkan laju pertumbuhan mutlak Perlakuan C dengan zeolit dosis 1,0% memiliki laju pertumbuhan yang tinggi dengan presentase yaitu sebesar (8,78) gram, kemudian pada pertumbuhan harian menunjukkan laju pertumbuhan yang sama atau tidak berbeda nyata antara Kontrol dengan Perlakuan lainnya.


Keywords


Kapur Zeolit; Tingkat Kelangsungan Hidup; Pertumbuhan

Full Text:

PDF

References


Aini, M., dan Parmi, H. J. 2022. Analisis tingkat pencemaran tambak udang di sekitar perairan laut desa padak guar kecamatan sambelia kabupaten lombok timur. AQUACOASTMARINE: Journal of Aquatic and Fisheries Sciences, 1(2), 67–75.

Amirna, O., R., Iba dan A. Rahman. 2013. Pemberian silase ikan gabus pada pakan buatan bagi pertumbuhan dan kelangsungan hidup udang vaname (Litopenaeus vannamei) pada stadia post larva. Jurnal Minat Indonesia Vol. 01 No. 01 hal. (93-103) ISSN : 2303-3959. Universitas Haluoleo Kampus Hijau Bumi Tridarma. Kendari.

Amri, K. 2013. Budidaya Udang Vaname. Gramedia Pustaka Utama.

Amri, K., dan I. Kanna. 2008. Budidaya Udang Vannamei Secara Intensif, Semi Intensif, dan Tradisional, PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Ariadi, H., Wafi, A., dan Madusari, B. D. 2021. Dinamika oksigen terlarut (studi kasus pada budidaya udang). Penerbit Adab.

Djunaidah, I., S., M., I., Toelihere, Effendie, S. Sukimin dan E. Riani. 2004. Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Kepiting Bakau (Scylla paramamosain) yang Dipelihara pada Substrat Berbeda. [Skripsi]. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, 9 (I): 20-25

Effendie, M., I. 1979. Metode Biologi Perikanan. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Effendie. 1997.Biologi Perikanan. Yayasan Pustaka Nusatama : Yogyakarta. 163p Foog, G.E. 1975. Algae Cultures and Phytoplankton ecology The Athalone Press. University of London.

Feliatra. 2018. Probiotik: Suatu Tinjauan Keilmuan Baru bagi Pakan Budidaya Perikanan Edisi Pertama. Prenada Media.

Fuady, M. F. dan Nitisupardjo, M. 2013. Pengaruh pengelolaan kualitas air terhadap tingkat kelulushidupan dan laju pertumbuhan udang vaname (Litopenaeus vannamei) di PT. Indokor Bangun Desa, Yogyakarta. Management of Aquatic Resources Journal (MAQUARES), 2(4), 155–162.

Hakim, M. L. 2014. Pertumbuhan Dan Sintasan Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) Di Tambak Air Payau Dan Tambak Air Laut. Skripsi. Universitas Brawijaya.

Kurniasih, K., Jubaedah, D., dan Syaifudin, M. 2019. Pemanfaatan kapur dolomit [CaMg (CO3) 2] untuk meningkatkan pH air rawa lebak pada pemeliharaan benih ikan patin siam (Pangasius hypophthalmus). Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, 7(1), 1-12.

Maulianawati, D., dan Lembang, M. S. 2022. Kualitas Air Akuakultur. Syiah Kuala University Press.

Mukti, A.T dan W.H. Satyantini. 2005. Role of L-Carnitine on Development and Growth of Freshwater Prawn Fry, Macrobrachium rosenbergii. Jurnal Ilmu-Ilmu Perairan dan Perikanan Indonesia. 1:23-26

Nababan, E., Putra I., dan Rusliadi. 2015. Pemeliharaan udang vaname (Litopenaeus vannamei) dengan persentase pemberian pakan yang berbeda. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan Vol. 3 No. 2. Universitas Riau. Kampus Bina Widya KM. 12,5 Simpang Baru Pekanbaru 282943.

Sumeru, S. 2009. Pakan Udang. Kanisius. Yogyakarta.

Supono. 2006. Produktivitas udang putih pada tambak intensif di tulang bawang lampung. Jurnal Saintek Perikanan Vol. 2 No. 1 Hal : 48–53. Universitas Lampung. Lampung.




DOI: https://doi.org/10.26618/octopus.v10i1.15344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Winang Muliana, Burhanuddin Burhanuddin, Rahmi Rahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
OCTOPUS: Jurnal Ilmu Perikanan under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.