APLIKASI PEMBERIAN ROTIFERA YANG DITAMBAH VITAMIN C DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP SINTASAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Kaltum Kaltum, Andi Khaeriyah, Asni Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah dosis Rotifera yang diperkaya Vitamin C yang optimal untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup larva ikan nila. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling untuk memastikan tidak ada organisme yang selalu terlalu kecil atau terlalu besar selama pengambilan sampel. Metode penelitiannya adalah dengan membandingkan perlakuan yang berbeda satu sama lain menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) empat perlakuan dan tiga ulangan, yakni perlakuan (A) Pemberian Rotifera dengan dosis 1 liter/1 g Vitamin C; (B) Pemberian Rotifera dengan dosis 1 liter/ 1,5 g Vitamin C; (C) Pemberian Rotifera dengan dosis 1 liter/ 2 g Vitamin C; (D) Pemberian Rotifera tampa Vitamin C (kontrol). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dosis Rotifera yang diperkaya Vitamin C yang optimal untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup larva ikan nila adalah Perlakuan C (1 liter/2 g). Untuk mencapai pertumbuhan dan kelangsungan hidup yang baik dalam budidaya ikan nila, disarankan agar peternak memperkaya pakan dengan Vitamin C pada dosis tersebut.


Keywords


Ikan Nila; Rotifera; Sintasan; Vitamin C

Full Text:

PDF

References


Amri, K. dan I.Kanna. 2008. Budidaya ikan nila Secara Intensif, Semi Intensif, dan Tradisional, PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Arianto, D., Harris, H., Yusanti, I. A., dan Arumwati, A. 2019. Padat penebaran berbeda terhadap kelangsungan hidup, fcr dan pertumbuhan ikan bawal air tawar (Colossoma macropomum) pada pemeliharaan di waring. Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan, 14(2).

Ariyani, D., Susanto, Sumadi, Iswandi, 2008. Pengaruh Perubahan Salinitas Terhadap Virulensi WSSV Pada Udang Putih Litopenaeus vannamei. Universitas Lampung. ISBN/978-979-1165-74-7.

Athirah, A., Mustafa, A., dan Rimmer, M. A. 2013. Perubahan Kualitas Air Pada Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Di Tambak Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan. Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur, 1(1), 1065–1075.

Budi, S., dan Zainuddin, Z. 2012. Peningkatan Asam Lemakrotifer Brachionus Plicatilis Dengan Periode Pengkayaan Bakteri Bacillus Sp. Berbeda. Octopus: Jurnal Ilmu Perikanan, 1(1), 1–5.

Dharma, T. S. 2015. Perkembangan embrio dan penyerapan nutrisi endogen pada larva dari pemijahan secara alami induk hasil budidaya ikan bawal laut, Trachinotus blocii, Lac. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, 7(1), 83–90.

Effendi, M.I. 2004. Pengantar Akuakultur. Penebar Swadaya. Jakarta.

Handjani dan W. Widodo. 2010. Nutrisi Ikan. UMM Press. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang. Hal 62-75

Helfman, G.S., B.B. Collete, and D.E. Facey. 1997. The diversity of fishes. Blackwell Science, Inc. Whasington. USA. 544p.

Jusadi, D., B.A. Dewantara dan I. Mokoginta. 2006. Pengaruh Kadar L-Ascorby l2 Phosphate Magnesium yang Berbeda Sebagai Sumber Vitamin C dalam Pakan Terhadap Pertumbuhan Ikan Patin (Pangasius hypophthalmus) Ukuran Sejari. [Skripsi]. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, 5(1): 21-29.

Khosim, N., Latuconsina, H., dan Suhada, R. A. 2023. Perkembangan Embrio dan Rasio Penetasan Telur Ikan Zebra Danio rerio (Hamilton, 1822) di Instalasi Perikanan Budidaya Punten Batu.

Kordi, M. G. H., dan Tancung, A. B. 2007. Pengelolaan kualitas air. Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Kursistiyanto, N., Anggoro, S., dan Suminto, S. 2013. Addition of Ascorbic Acid in Feed and Effects on Osmotic Responses, Feed Efficiency and Growth of Gesit Tilapia (Oreochromis sp) in Various Osmolarity of Water Medium). Saintek Perikanan: Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology, 8(2), 66–75.

Ulyana, U., Defira, C. N., dan Hasri, I. 2018. Inkubasi telur ikan peres (Osteochilus kappeni) menggunakan sistem corong dengan padat tebar yang berbeda. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan Perikanan Unsyiah, 3(1).

Yanuar, V. 2017. Pengaruh pemberian jenis pakan yang berbeda terhadap laju pertumbuhan benih ikan nila (Oreochiomis niloticus) dan kualitas air di akuarium pemeliharaan. Ziraa’ah Majalah Ilmiah Pertanian, 42(2), 91–99.

Yulita, E. 2015. Subtitusi Chlorella vulgaris hasil isolasi dari limbah cair industri karet sebagai pakan ikan nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Dinamika Penelitian Industri, 26(2), 133–140.




DOI: https://doi.org/10.26618/octopus.v10i1.15328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kaltum Kaltum, Andi Khaeriyah, Asni Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
OCTOPUS: Jurnal Ilmu Perikanan under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.