PERTUMBUHAN DAN SINTASAN IKAN NILA SALIN (Oreochromis niloticus) YANG DIPUASAKAN SECARA PERIODIK

Awan Sustiawan, Asni Anwar, Akmaluddin Akmaluddin

Abstract


Ikan nila salin, yang juga dikenal sebagai varian Oreochromis niloticus, merupakan komoditas penting di Indonesia yang berpotensi meningkatkan ketahanan pangan nasional, stabilitas perekonomian, dan kesejahteraan masyarakat setempat. Jenis ikan ini berkembang pesat dan mudah beradaptasi pada berbagai salinitas sehingga menjadikannya komoditas yang berharga. Namun, tingginya biaya pakan, yang mencapai 35-70% pengeluaran produksi, merupakan tantangan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak pembatasan pakan terhadap laju pertumbuhan dan efisiensi pakan ikan nila air asin dalam kondisi terkendali. Penelitian ini menggunakan bibit ikan nila berukuran 3 cm dan pakan PF 1000, dan 120 ekor ikan diberi pakan setiap hari tanpa deprivasi dan deprivasi intermiten dilanjutkan dengan pemberian pakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan puasa secara periodik dapat meningkatkan efisiensi pertumbuhan. Puasa menghasilkan peningkatan pertumbuhan panjang bobot harian. Tingkat kelangsungan hidup bervariasi antara 75% dan 100%, dengan kematian awal disebabkan oleh adaptasi dan puasa. Cara puasa berkala yang paling efektif untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup adalah Perawatan D, yang melibatkan puasa selama satu hari diikuti dengan makan selama tujuh hari.


Keywords


Dipuasakan periodik; ikan nila salin; kelangsungan hidup; laju pertumbuhan

Full Text:

PDF

References


Dewi, N. P. A. K., Arthana, I. W., dan Kartika, G. R. A. 2022. Pola Kematian Ikan Nila Pada Proses Pendederan Dengan Sistem Resirkulasi Tertutup Di Sebatu, Bali. Jurnal Perikanan Unram, 12(3), 323–332.

Hadie, L. E., Kusnendar, E., Priono, B., Dewi, R. R. S. P. S., dan Hadie, W. 2018. Strategi dan kebijakan produksi pada budidaya ikan nila berdaya saing. Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia, 10(2), 75–85.

Marie, Roose, Mochammad Ali Syukron, dan Seto Sugianto Prabowo Rahardjo. 2018. “Teknik Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dengan Pemberian Pakan Limbah Roti.” Jurnal Sumber Daya Alam dan Lingkungan 5(1).

Marwa, H. Salamet, dan Hariyano. 2013. Pengaruh Frekuensi Pemberian Pakan Terhadap Pertumbuhandan Survival Rate Benih Ikan Mandarin (Synchiropus splendidus). Program Pascasarjana Program Studi Ilmu Kelautan. Universitas Pattimura. Ambon. 6-8 hlm.

Mulyani YS. 2014. Pertumbuhan dan Efisiensi Pakan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) yang Dipuasakan Secara Periodik, Skripsi S1 (Tidak dipublikasikan). Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya, Indralaya

Mulyani, Y. S., dan Fitrani, M. 2014. Pertumbuhan dan efisiensi pakan ikan nila (Oreochromis niloticus) yang dipuasakan secara periodik. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, 2(1), 1-12.

Muntafiah, I. 2020. Analisis pakan pada budidaya ikan lele (Clarias Sp.) di Mranggen. JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), 4(1), 35–39.

Patahiruddin, P. 2020. Kerapatan Benih Dan Salinitas Berbeda Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Ikan Nila Merah (Oreochromis niloticus) Pada Media Air Payau. Fisheries Of Wallacea Journal, 1(2), 53–60.

Pusat Data Statistik dan Informasi. 2016. Informasi Kelautan dan Perikanan. Bulan Januari No. 01/ PUSDATIN 1/2016. (26 pp).Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Samsu, N. 2020. Peningkatan Produksi Ikan Nila melalui pemanfaatan Pekarangan Rumah nonproduktif dan Penentuan Jenis Media Budidaya yang Sesuai. Cv Budi Utama.

Sari, I. P. 2017. Laju pertumbuhan dan efisiensi pakan ikan nila (Oreochromis niloticus) yang dipelihara dalam kolam terpal yang dipuasakan secara periodik. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, 5(1), 45-55.

Siegers, W. H., dan Prayitno, Y. 2021. Pengaruh Efisiensi Pakan dan Waktu Pemuasaan Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Nila

Suriadi, 2019. Efesiensi pakan dan laju pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus) yang dipuasakan secara periodic pada wadah terkontrol. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Yulan, A., dan Gemaputri, A. A. 2013. Tingkat kelangsungan hidup benih ikan nila gift (Oreochromis niloticus) pada salinitas yang berbeda. Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada, 15(2), 78–82.




DOI: https://doi.org/10.26618/o.v13i1.15030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Awan Sustiawan, Asni Anwar, Akmaluddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
OCTOPUS: Jurnal Ilmu Perikanan under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.