ANALISIS RANTAI PEMASARAN IKAN HIAS AIR TAWAR DI KOTA MAKASSAR

Muhammad Adam Asgar, Lukman Daris, Andi Nur Apung Massiseng, Heriansyah Heriansyah, Asni Anwar

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada bulan juli hingga agustus 2021, lokasi penelitian ini dilaksanakan di pasar  Ikan Hias Air Tawar  Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah (1). Menganalisis Rantai Pemasaran ikan Hias Di Kota Makassar. (2). Merumuskan Strategi Pemasaran Ikan Hias. Manfaat penelitian ini adalah (1). Sebagai informasi bagi pembudidaya ikan hias dan lembaga pemasaran lainya untuk mengembangkan usaha ikan hias. (2). Sebagai bahan masukan bagi pemerintah setempat dan dinas perikanan sebagai pertimbangan dalam kebijakan pembangunan dan pembinaan perikanan rakyat. (3). Sebagai bahan masukan bagi pihak yang memerlukan informasi lebih lanjut mengenai rantai pasok pemasaran ikan hias khususnya di Kota Makassar untuk penelitian lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif  yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai pola saluran rantai pemasaran ikan hias di Kota Makassar khususnya di pasar-pasar ikan hias.

Keywords


strategi, ikan, hias, air tawar

Full Text:

PDF

References


HSB. (2016). Analisis Efesieensi Pemasaran Ikan Hias di Kelompok Pembudidaya Mekar Jaya Kecamatan Beringin Kabupaten Deli SerdangAnggina D, Hamdi Hamid, Hendrik (2013). Analisis Budidaya Ikan Hias Anggota Kelompok Klub Ikan Intan Desa Tampan Kecamatan payung sekaki Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Kustiawan Tripursetyo, Wahyu Thanjajaningsih, dan Heru Pranomo (2015). Perbandingan Morfologi kerang daerah di Perairan Kenjeran dan Perairan Sedati Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Kampus C Mulyerejo – Surabaya.

Kukuh prasetio, Amiek Soemarmi, Amalia Diamantina (2017). Penataan Pengelolaan Potensi Perikanan Di Kota Semarang. Program Studi S1 Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro.

Junaidi. Universitas Medan Area. Medan

Riesty Triyanti, Maharani Yulisti (2012). Rantai Pemasaran Ikan Koi (Cyprinus Carpio) di Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Lusiasty A.M. Aryati, Y, Supriyadi, H dan Praseno o.(2008). Analisis Kebijakan Pengembangan Budidaya Ikan Hias dan Ikan Konsumsi di Kabupaten Bogor. Buku Analisis Kebijakan. Pusat Riset Perikanan Budidaya, hlm. 71. 8

Fajar Nur’aini Dwi Fatimah.(2020). Teknik Analisis Swot. Pedoman Menyusun Strategi Yang Efektif dan Efesien Serta Cara Mengolola Kekuatan Dan ancaman

Mustami, Muh. Khalifah (2016). Metodologi penelitian pendidikan. Ayna t Publhising, Yogyakarta .

Ir. Yusuf Bachtiar, (2004). Budi daya ikan hias air tawar untuk ekspor. Agromedia Pustaka, Kota Tanjung Balai Provinsi Sumatera Utara

Philip Kotler (1999). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga

Rahmayanti HM (2015). Analsis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Auraora Tarakan, Kalimantan Utara. Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

Rangkuti, F. (2015) Personal Swot Analysis. Peluang dibalik setiap kesulitan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wijayanti, H. 2019. Panduan Analysis SWOT. Untuk Kesuksesan Bisnis. Yogyakarta. Quardrant

Yusuf, M., & D, L., (2018). Analisis Data Penelitian : Teori dan Aplikasi dalam Bidang Perikanan (Issue 1).

Nazir. Moh. (2008). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia




DOI: https://doi.org/10.26618/octopus.v12i1.11859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Adam Asgar, Lukman Daris, Andi Nur Apung Massiseng, Heriansyah Heriansyah, Asni Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
OCTOPUS: Jurnal Ilmu Perikanan under by Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.