Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (Nht) Dengan Bantuan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Keanekaragaman Hayati
Abstract
Keywords: Nht, learning outcomes
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara John Elliot, Siklus PTK, (online).
Aring, R.D Orbanus, N dan Anatje, L. 2017 Pembelajaran Biologi Topik Identifikasi Spermatophyta Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Tondano. Jurnal Sains, Edukas) No.2 Vol. 5 ISSN : 2337-6139.
Amir Hamzah Sulaiman, Media Audiovisual untuk Pengajaran (Jakarta: Gramedia, 2015.
Al-Tabany, T. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada media Group.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Arwuda Rachman, D., W. Setiadarma., & Marsudi. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI,” Jurnal Pendidikan 3 (3). 237-243.
Danizar, A, Wayan, S dan Marsudi, “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI,” Jurnal Pendidikan Seni dan ilmiah Vol. 1 No.2 ISSN : 2345-4332
Ernani, N.N. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division Dipadu Numbered Heads Together Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. Jurnal Pendidikan. Vol. 02 No.01 ISSN : 1134:5542
Haniyah, Lailatul. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Disertai Metode Eksperimen Pada Pembelajaran IPA Fisika SMA. Jurnal Pembelajaran Sains. ISSN : 2301-9794.
Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi
Kholif, N 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan No.1 Vol. 2 ISSN : 2548-7892
Lie, Anita. 2012. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Kelas X di SMA Negeri 1 Kediri Lombok Barat. Jurnal Kependidikan. No.12 Vol. 2 ISSN :2123-3456
Luedi. 2017 Efektivitas Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN (Penelitian Tindakan Kelas) pada Siswa kelas VI SDN Randuagung 05. Jurnal PTK dan Pendidikan No,1 Vol.3 ISSN : 2549-2535
Machfud, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Respon, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam No. 2 Vol. 6 ISSN : 2527-3744
Memel, J. Mawar,Q. 2019. Pembelajaran Biologi Berbasis Media Audio Visual Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Sma Negeri 1 Sajingan. Jurnal Bioducation.No.6 Vol.1 ISSN: 5462:2235.
Nufus, H. Rezi, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dengan Metode Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Di Kelas X SMA Negeri 2 Bangkalan. Jurnal Pembelajaran pendidikan dan ilmu pengetahuan alam. Vol. 01 No. 1, hal: 30-35.ISSN 2204-9894.
Nursyamsi, dkk. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa. jurnal pendidikan, 2502-417x.
Prasetyo, Bambang. 2016.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Disertai Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Fisika Kelas X Di Sma Negeri Arjasa. Jurnal Pendidikan. No. 1 Vol.3 ISSN: 2231-321.
Pratomo , E.A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Mengintegrasikan Keterampilan Time Token Pada Materi Fluida Statik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Studi Sosial Vol. 04 No. 02, ISSN: 2302-4496
Purwanto (Ed). 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rotul, D.L. 2010 Penerapan Pembelajaran Tipe NHT (Numbered Head Together) Pada Materi biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Mojokerto. Jurnal Inovasi (JIPF). Vol. 03 No. 03 ISSN: 2302- 4496.
Rauf, Asnaeni, dkk. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII SMP Negeri 1 Watampone. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol 5 no 1. ISSN: 2339-0749.
Rosanti, D. 2013. Morfologi Tumbuhan. Jakarta : Erlangga
Suhardi. 2012. Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta : UNY Press
Sukoco, T. dkk. 2016. BIOLOGI Peminatan Ilmu Pengetahuan Alam. Klaten: Intan Pariwara
Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group
Sari, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Pada Materi Fluida Statik Berorientasi Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). Vol. 04 No. 01, ISSN: 2302-4496.
Supriyadi, Ahmad dan Jumrodah. 2013. Tafsir Ayat-Ayat Biologi. Yogyakarta: Kanwa Publisher
Swastika, A.R. Ahmad.S.P. Ratna, K.B. 2016. Pengaruh Pendekatan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Biologi Siswa pada Materi Plantae di Kelas X SMA Swasta Amal Bakti Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 Jurnal Pelita Pendidikan Vol. 5 No.3 ISSN: 2502-3217.
Siddik, Muhammad. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Deskriptif. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Tim Pengembangan MKDP. 2013. Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Wajdi, M. (2021). Pengaruh strategi pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa Sma Negeri 1 Muara Badak. jurnal pendidikan. Vol. 1 No 10 ISSN : 2502-417x.
Warsono, (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kromatin: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Biologi Education Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (e- ISSN: 2722-9335)