Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rumbia
Abstract
Keywords: ptk, nht, cycle, concept
Full Text:
PDFReferences
Angkowo, R. & A. Kosasih. 2007. Optmalisasi Media Pembelajaran. Jakarta. Grasindo.
Haling, Abd. 2004. Belajar dan Pembelajaran (Suatu ringkasan). Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Makassar.
Hamalik, Oemar. 1994. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Ibrahim, M., dan Nur, M., 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. University Press. Surabaya.
Jati, Wijaya. 2007. Aktif Biologi 2. Ganeca. Jakarta.
Karmila, Sri. 2007. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembeajaran Kooperatif Struktural Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa SMA Negeri Makassar (Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan). Skripsi Jurusan Kimia FMIPA. Makassar.
Lie, Anita. 2004. Cooperatif Learning. Grasindo. Jakarta.
_______. 1999. Model Pembelajaran Gotong Royong, Citra Media. Surabaya.
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasinya. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nasution, M.A. 1987. Kurikulum Dan Pengajaran. Bumi Akasara. Bandung.
Nurhayati B, Lukman Wellang Sappe. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Negeri Makassar. Makassar.
Prawirohartono, Slamet. 2005. Sains Biologi 2b. Bumi Aksara. Jakarta.
Rahmawati. 2006. Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Kelas VII SMP Negeri 3 Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FMIPA UNM: Makassar.
Roestiyah. 1989. Didaktik Metodik. Rineka Cipta. Jakarta.
Sardiman, A.M. 2006. Ilmu Pendidikan. Pemaju Karya. Bandung.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Berorientasi Konstruktiistik. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kromatin: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Biologi Education Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (e- ISSN: 2722-9335)