Analisis kesiapan guru ipa dan keterlaksanaan model pembelajaran berbasis kurikulum 2013
Abstract
Keywords: Science Teacher Readiness, Learning model based and 2013 Curriculum
Full Text:
PDFReferences
Arlov, S. dan Seres, S., 2005, Achieving Alawiyah, F. 2014. Kesiapan Guru dalam Implement asi Kurikulum 2013. Jurnal Info Singkat. Vol. VI, No. 15/I/P3DI/Agustus/2014.
Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.
Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Cucu, S. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung :PT. RefikaAditama.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintitik Kurikulum 2013. Jakarta : Gava Media.
Evanita, E. L. 2013. Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kesiapan Guru Sekolah Menengah Atas dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Skripsi. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Ghalia Indonesia.
Idi, A. 2014. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. cetakan -1. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Imas, K. & Berlin, S. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013, Memahami Berbagai Aspek Dalanm Kurikulum 2013. cetakan kedua. Jakarta : Kata Pena.
Imas, K. & Berlin, S. 2014. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Yang Sesuai Kurikulum 2013. Cetakan - 1. Jakarta : Kata Pena.
Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013, Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013), suatu pendekatan Praktis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kemendikbud. 2014. Buku Guru Kurikulum 2013, Mata Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas VII,VIII, IX. Jakarta: Kemendikbud
Lodang, H, dkk, 2013. Analisis Kompetensi Profesional Guru Biologi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Makassar, Jurnal Bionature. Jurusan Biologi, Fakultas Mipa, Universitas Negeri Makassar.
Lasswell, dalam Wayne Parsons. Public Policy, Pengantar Teori dan Praktek Analisis Kebijakan, diterjemahkan oleh Tri Wibowo Budi Santoso, (Jakarta: Kencana Prenada Group, 2008).
Marwiah. 2011. Hubungan antara kompetensi profesional guru Biologi dengan kualitas pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Pangkajene dan kepulauan. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Morisson. 2015. Metodologi Penelitian Survey. Cetakan kelima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nurhikma, A. R. 2014. Profil kesiapan guru Matematika dalam menerapkan pendekatan scientific menurut kurikulum 2013 di SMP kecamatan Bulukumpa. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Permendikbud nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Permendikbud nomor 81a tahun 2013 tentang implementasi kurikulum.
Permendikbud Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.
Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan dasar dan menengah.
Permendikbud Nomor 53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Pratiwi, A. 2013. Pengaruh Pelaksanaan Mgmp IPA Terpadu dan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Profesional Guru IPA Smp/Mts Se- Kota Magelang. Artikel jurnal. Yokyakarta: Universitas Negeri Yokyakarta.
Qomariyah. 2014. Kesiapan Guru dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum 2013. IKIP Veteran Semarang. Vol.2. No.1, November 2014.
Rusman. 2013. Model-model pembelajaran, mengembangkan profesionalisme guru. Cetakan 5, april 2014. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Ridwan, A S. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Kurikulum 2013, Cetakan kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R & D. Cetakan ke-19. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, S. N. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan kedelapan. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.
Sunarno, W. 2013. Kesiapan dan Kendala Dunia Pendidikan Dalam Implementasi Kurikulum. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III Tahun 2013
Sunarti, S. R. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: CV. Andi Offset.
Spreen, C. A. & Vally, S. 2010. Outcomes Based Education and Its (dis)Contents: Learner-Centered Pedagogy and The Education Crisis in South Africa. Southern African Review of Education (SARE) Vol. 16(1): 39–58.
Saleh, M. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA dalam Konteks KTSP. Jurnal, Jurusan Geografi FIS UNNES.
Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Taole, M. J. 2011. Teachers’ Conceptions of the Curriculum Review Process.International Journal Education and Science, Volume 5(1): 39- 46
Toto, R, dkk. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran.Cetakan ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafdindo Persada.
Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem
pendidikan Nasional
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kromatin: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License. Copyright © Biologi Education Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (e- ISSN: 2722-9335)