Analisis kesiapan guru ipa dan keterlaksanaan model pembelajaran berbasis kurikulum 2013

Rahmia Rahmia, Dian Safitri

Abstract


Preparation of lesson plan is an attempt to apply their learning in order to run a proper method to get satisfied results in learning model. This study aims to determine (i) the readiness of a science teacher at Junior High School in the city of Makassar and (ii) adherence to curriculum-based learning model in 2013 at the Junior High School in the city of Makassar.This study was descriptive qualitative research. The population in this study is a science teacher who has been training for curriculum-based learning model in 2013 at the Junior High School in the city of Makassar, which amounted to 37 teachers from 24 schools. The samples in this study using purposive sampling technique selected 18 teachers from 18 schools in the Junior High School in the city Makassar being targeted. The instrument used in this study were (1) The instrument of science teacher’s readiness and (2) instrument in conducting of learning. Data were analyzed using qualitative descriptive analysis. The results showed that: (i) the readiness of a science teacher at Junior High School in the city of Makassar, 92.25% categorized as very good teachers to design learning implementation plan (RPP), (ii) The application of 2013 curriculum-based learning model at Junior High School in the city of Makassar about of 82.69% gave a good category for the result. Third model of learning the recommended of curriculum 2013 model only discovery learning the invention accomplished.

Keywords: Science Teacher Readiness, Learning model based and 2013 Curriculum

Full Text:

PDF

References


Arlov, S. dan Seres, S., 2005, Achieving Alawiyah, F. 2014. Kesiapan Guru dalam Implement asi Kurikulum 2013. Jurnal Info Singkat. Vol. VI, No. 15/I/P3DI/Agustus/2014.

Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Cucu, S. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung :PT. RefikaAditama.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintitik Kurikulum 2013. Jakarta : Gava Media.

Evanita, E. L. 2013. Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kesiapan Guru Sekolah Menengah Atas dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Skripsi. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Ghalia Indonesia.

Idi, A. 2014. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. cetakan -1. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Imas, K. & Berlin, S. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013, Memahami Berbagai Aspek Dalanm Kurikulum 2013. cetakan kedua. Jakarta : Kata Pena.

Imas, K. & Berlin, S. 2014. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Yang Sesuai Kurikulum 2013. Cetakan - 1. Jakarta : Kata Pena.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013, Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013), suatu pendekatan Praktis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. 2014. Buku Guru Kurikulum 2013, Mata Pelajaran IPA SMP/MTs Kelas VII,VIII, IX. Jakarta: Kemendikbud

Lodang, H, dkk, 2013. Analisis Kompetensi Profesional Guru Biologi Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Makassar, Jurnal Bionature. Jurusan Biologi, Fakultas Mipa, Universitas Negeri Makassar.

Lasswell, dalam Wayne Parsons. Public Policy, Pengantar Teori dan Praktek Analisis Kebijakan, diterjemahkan oleh Tri Wibowo Budi Santoso, (Jakarta: Kencana Prenada Group, 2008).

Marwiah. 2011. Hubungan antara kompetensi profesional guru Biologi dengan kualitas pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Pangkajene dan kepulauan. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Morisson. 2015. Metodologi Penelitian Survey. Cetakan kelima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurhikma, A. R. 2014. Profil kesiapan guru Matematika dalam menerapkan pendekatan scientific menurut kurikulum 2013 di SMP kecamatan Bulukumpa. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Permendikbud nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Permendikbud nomor 81a tahun 2013 tentang implementasi kurikulum.

Permendikbud Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah.

Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan dasar dan menengah.

Permendikbud Nomor 53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Pratiwi, A. 2013. Pengaruh Pelaksanaan Mgmp IPA Terpadu dan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Profesional Guru IPA Smp/Mts Se- Kota Magelang. Artikel jurnal. Yokyakarta: Universitas Negeri Yokyakarta.

Qomariyah. 2014. Kesiapan Guru dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum 2013. IKIP Veteran Semarang. Vol.2. No.1, November 2014.

Rusman. 2013. Model-model pembelajaran, mengembangkan profesionalisme guru. Cetakan 5, april 2014. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ridwan, A S. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Kurikulum 2013, Cetakan kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R & D. Cetakan ke-19. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, S. N. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan kedelapan. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Sunarno, W. 2013. Kesiapan dan Kendala Dunia Pendidikan Dalam Implementasi Kurikulum. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III Tahun 2013

Sunarti, S. R. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: CV. Andi Offset.

Spreen, C. A. & Vally, S. 2010. Outcomes Based Education and Its (dis)Contents: Learner-Centered Pedagogy and The Education Crisis in South Africa. Southern African Review of Education (SARE) Vol. 16(1): 39–58.

Saleh, M. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA dalam Konteks KTSP. Jurnal, Jurusan Geografi FIS UNNES.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Taole, M. J. 2011. Teachers’ Conceptions of the Curriculum Review Process.International Journal Education and Science, Volume 5(1): 39- 46

Toto, R, dkk. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran.Cetakan ketiga. Jakarta: PT. Raja Grafdindo Persada.

Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem

pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Kromatin: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi  is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional LicenseCopyright © Biologi Education Department, Universitas Muhammadiyah Makassar. (e- ISSN: 2722-9335)