PRINSIP KESANTUNAN DALAM JUAL BELI ONLINE DI INSTAGRAM: SUATU KAJIAN PRAGMATIK

Gilang Aulia Prasetya, Haikal Ramadhan, Ratih Purnama Sari

Abstract


Hadirnya media sosial memudahkan manusia untuk saling berinteraksi satu dengan lainnya semakin mudah. Melalui teknologi atau jejaring sosial seseorang dapat menyampaikan pesan atau informasi, termasuk dalam jual-beli Online di Instagram. Kesantunan berbahasa adalah properti yang diasosiasikan dengan tuturan bahasa yang santun, tidak terdengar memaksa atau angkuh, tuturan itu memberikan pilihan pada lawan tutur dan lawan tutur merasa tenang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk tindak tutur dan maksim kesantunan yang terjadi pada masyarakat pengguna akun media sosial di Instagram dalam melakukan hal jual-beli Online di Instagram. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan teknik SBLC (Teknik Simak Bebas Libat Cakap) karena cara yang digunakan untuk memperoleh data dengan menyimak penggunaan bahasa lisan pada jual beli Online di media sosial Instagram. Hasil penelitian penggunaan maksim oleh penutur penjual dan pembeli di jual beli Online di Instagram menghasilkan 3 data tuturan penggunaan maksim kearifan antara tuturan penjual dan pembeli dalam jual beli di Instagram, 2 data tuturan penggunaan maksim kedermawanan antara tuturan penjual dan pembeli dalam jual beli di Instagram, 2 data tuturan penggunaan maksim pujian antara tuturan penjual dan pembeli dalam jual beli di Instagram, 1 data tuturan penggunaan maksim kerendahan hati antara tuturan penjual dan pembeli dalam jual beli di Instagram, 1 data tuturan penggunaan maksim kesepakatan antara tuturan penjual dan pembeli dalam jual beli di Instagram, dan menghasilkan 1 data tuturan penggunaan maksim kesimpatian antara tuturan penjual dan pembeli dalam jual beli di Instagram.


Keywords


Jual-Beli di Instagram; Prinsip Kesantunan Berbahasa; Tindak Tutur.

Full Text:

PDF

References


Agustini, R. 2017. Bentuk Kesantunan Berbahasa Indonesia. Jurnal Literasi, Vol.1, 9-17.

Arifiany, N. d. 2016. Pemaknaan Tindak Tutur Direktif dalam Komik "Yowamushi Pedal Chapter. Japanese Literature, 2, 87-93.

Chaer Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Fallianda. 2018. Kesantunan Berbahasa Pengguna Media Sosial Instagram : Kajian Sosiopragmatik . Jurnal Etnolingual, 35-42.

Guntur Tarigan, H. 1986. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.

Kurniawan, & Puguh. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern pada Batik Burneh. Jurnal Komoetisi, Oktober, 11, 217-225.

Leech, G. 2015. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Masnunah. 2018. Strategi Kesantunan Berbahasa di Pengadilan ( Penelitian Etnografi Komunikasi). Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol.8 No. 2, 23.

Muharudin, E., Badarudin, & Israhayu, E. S. 2022. Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring (Online) di masa Pandemi Covid-19. Bahtera Indonesia Vol.7 No.1, 231-232.

Nadar, F. 2009. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Putrayasa, Ida Bagus. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, K. 2002. Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sallatu, Syafruddin. 2015. Kesantunan Berbahasa Indonesia Masyarakat Makassar. Yogyakarta: Buginese Art.

Sendilatta, E. C. 2013. Analisis Tindak Tutur pada Film “Garuda di Dadaku” Karya Ifa Ifansyah. Jurnal Artikulasi, 7(1).

Sudaryanto. 1992. Metode Linguistik Ke Arah Memahami Metode Linguistik. Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10, 33-37.

Sujarweni, W. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulistyo, E. T. 2013. Pragmatik; Suatu Kajian Awal. Surakarta: UNS Press.

Tika Eristyarini, L. 2017. Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Bhineka Karya 2 Boyolali. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wiranty, W. 2015. Tindak Tutur dalam Wacana Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata (Sebuah Tinjauan Pragmatik). Jurnal Pendidikan Bahasa, 4(2), 294- 304.

Wijayanti, D. N. 2015. Tindak Tutur Tokoh dalam Novel Berkisar Merah Karya Ahmad Tohari. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam Jurnal Skripta, Vol 6 No. 2, 2020. PBSI UPY

Wijaya, I. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wiyatasari, Reny. 2015. Teknik Penerjemahan Tindak Tutur Direktif dalam Cerpen Doktor Sihir Kaya Iwaya Sazanami dan Larilah Melos Karya Dazai Osamu. Jepang: Jurnal Bahasa Sastra dan Budaya. Vol. 4, No.2 hal. 42- 55

Yus, F. 2018. Cyberpragmatics: Internet-mediated Communication in Context Amterdam/Philadelphia: John Benjamin Publishing Company. Jurnal Etnolingual, 2, 35-54.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v9i2.9379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.