FENOMENA ANOMALI SOSIAL DALAM NOVEL YUNI KARYA ADE UBAIDIL

Mediati Firdausa, Moulia Mahyu

Abstract


Yuni merupakan sebuah novel yang merefleksikan beragam anomali sosial yang bersinggungan dengan kehidupan di tengah masyarakat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena anomali sosial yang berkaitan dengan dinamika sosial  dalam novel Yuni karya Ade Ubaidil (terbit pada awal tahun 2022). Dinamika sosial berkaitan dengan pergeseran dan perubahan nilai-nilai yang terjadi di dalam lingkup masyarakattertentu.  Pendekatandalam penelitian iniialah deskriptif kualitatif. Data yang diamati dalam penelitian ini adalah setiap kalimat yang ada di dalam novel Yuni karya Ade Ubaidil. Selanjutnya, data tersebut dianalisis dan diklasifikasikan berdasarkan objek kajian dinamika sosial, yakni perubahan sosial, pengendalian sosial, penyimpangan sosial, dan mobilitas sosial. Teknik yang dilakukan dalam analisis data penelitian ini ialah teknik baca dan catat. Data-data yang ditemukan diproses lagi melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi, tahap penyajian data, dan tahap penarikan simpulan. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan lima belas data yang menggambarkan dinamika sosial dalam novel tersebut. Data-data tersebut menunjukan perubahan sosial, penyimpangan sosial, pengendalian sosial, dan mobilitas sosial. Perubahan sosial berjumlah 9 data, penyimpangan sosial berjumlah 4 data, mobilitas sosial berjumlah 1 data, dan pengendalian sosial 1 data. Data yang telah ditemukan tersebuttidak hanya berkaitan dengan tokoh utama, Yuni. Akan tetapi berkaitan pula dengan tokoh pendukung lain, misalnya Pak Damar (penyimpangan sosial), Tika (perubahan sosial), Orang Tua Yuni (mobilitas sosial), Petinggi Daerah Yuni (pengendalian sosial).


Keywords


Anomali Sosial; Fenomena; Novel.

Full Text:

PDF

References


Delvia. (2015). Potret Dinamika Sosial dalam Kumpulan Cerpen Janda Muda Karya N. H. Dini. Jurnal STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(1), 1–6.

Harun, R., & Elvinaro, A, (2011). Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial, Jakarta : Rajawali Pers.

Hermawan., & Shandi. (2019). Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 12 (1), 1-12.

Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah MadaUniversity Press.

Lustyantie, N., . Peranan Bahasa Indonesia dalam Karya Sastra Terjemahan. Jurnal Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Rismayanti et al. (2020). Kajian Sosiologi Sastra dalam Novel Puzzle Mimpi Karya Anna Farida. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 9 (1), 10-19.

Sari, S. D., Nurizzati., & Bakhtaruddin. (2014). Dinamika Kehidupan Sosial Budaya Masyarkat Minangkabau dalam Novel Gerhana Karya A. A. Navis. Jurnal UNP, 2(1), 1-9.

Setiadi, E. M., & Usman, K. (2011). Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya. Jakarta: Kencana.

Setyatmoko, P. F., & Supriyanto, T. (2017). Penyimpangan Sosial dalam Novel Neraka Dunia Karya Nur Sutan Iskandar. Seloka, 6(3), 307-313).

Suhandi et al. (2019). Kajian Sosiologi Sastra pada Cerpen-cerpen Karya Eka Kurniawan. Jurnal FKIP UNS. Diakses pada 30 Maret 2022.

Suharso., & Retnoningsih, A. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Lux. Semarang: Penerbit Widya Karya.

Suwandi. (2011). Sosiologi Sastra. Yogyakarta: FBS Universitas Yogyakarta.

Ubaidil, A. (2022). Yuni. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama.

Wang, X., Cui, D., Wang, Z., Fan, Q., Xu, H., Qiu, J., & Xiao, Z. (2012). Cross-Sectional Comparison of The Clinical Characteristics of Adults With Early-Onset and Late-Onset Obsessive Compulsive Disorder. Journal of Affective Disorder.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83-91.

Yarsama, K., & Adus, K. (2021). Dinamika kehidupan Sosial Tokoh Utama dalam Novel “Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin” Karya Tere Liye. Widyasari, 22(2), 640-649.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v10i2.9358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.