ANALISIS LITERASI DIGITAL MELALUI APLIKASI VIRTUAL CLASS UNTUK MENIGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL PADA SISWA SMAS
Abstract
Literasi digital dapat digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang komprehensif dan inovatif. Saat ini guru perlu mengembangkan kreativitas belajar dengan bantuan teknologi digital. Berlandaskan pada latar belakang tersebut, dapat ditinjau dari beberapa latarbelakang masalah sebagai berikut: 1)Bagaimana tingkat literasi digital siswa SMAS Wijaya Putra Surabaya berdasarkan aspek Internet Searching pada aplikasiVirtual Class?; 2) Bagaimana tingkatliterasi digital siswa SMAS Wijaya Putra Surabaya berdasarkan aspek Hypertextual Navigation pada aplikasi Virtual Class?; 3) Bagaimana tingkat literasi digital siswa SMAS Wijaya Putra Surabaya berdasarkan aspek Content Evaluation pada aplikasi Virtual Class?; 4) Bagaimana tingkat literasi digital siswa SMAS Wijaya Putra Surabaya berdasarkan aspek Knowledge Assembly pada aplikasi Virtual Class?. Dari permasalahan yang sudah di kemukakan di atas, penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi literasi digital pada aplikasi Virtual Class terhadap siswa SMAS Wijaya Putra Surabaya yang ditinjau berdasarkan aspek Internet Searching, Hypertextual Navigation, Content Evaluation,dan Knowledge Assembly. Literasi digital adalah kemampuan untuk memperoleh, mengetahui, dan menggunakan sumber dari berbagai sumber dalam bentuk digital. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dan data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif atau jenis penelitian ini sering disebut penelitian kuantitatif deskriptif. Karena metode ini didasarkan pada data penelitian berupa angka-angka dan statistik yang digunakan dalam analisis, maka metode ini bersifat kuantitatif.. Berlandaskandari hasil analisis dapat ditarikkesimpulan bahwa literasi digital siswa masih berada pada tingkatan yang memadai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andhini, N. F. (2017). Metode penelitian survey. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Gamage, S. H. P. W., Ayres, J. R., & Behrend, M. B. (2022). A systematic review on trends in using Moodle for teaching and learning. In International Journal of STEM Education (Vol. 9, Issue 1). https://doi.org/10.1186/s40594-021-00323-x
Maspuroh, U., Nurhasanah, E., Syafroni, R. N., & Sugiarti, D. H. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Keterampilan Berbicara Melalui Siniar untuk Membentuk Personal Branding Siswa SMA Negeri 1 Telukjambe dan Sma Negeri 1 Majalaya Kabupaten Karawang. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i2.6273
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Pearce, L. (2017). Digital literacy. Nursing Standard, 31(48). https://doi.org/10.7748/ns.31.48.18.s22
Priyambudi, S., & Murdani, M. H. (2020). The Development of E-Learning Model for College Students in the Industrial Era 4.0. Journal of Education and Practice, 11(31), 68–78. https://doi.org/10.7176/jep/11-31-09
Priyambudi, S., & Probowati, Y. (2019). Kegiatan Story Telling Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak-Anak Usia Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.356
Priyambudi, S., Setyowati, Y., Eka, Z., Rifayanti, T., Murdani, M. H., & Putra, U. W. (2021). Pengembangan media pembelajaran daring untuk meningkatkan efektivitas belajar di perguruan tinggi surabaya. 314–328.
Priyambudi, S., Setyowati, Y., & Murdani, M. H. (2021). Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya. 4, 673–682.
Priyambudi, S., Setyowati, Y., & Murdani, M. H. (2022). Pengembangan Virtual Class Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Pada Perkuliahan Daring. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan Dan Informatika, 8(2), 126–135. https://doi.org/10.21107/edutic.v8i2.13853
Setyowati, Y. (2018). HOMI BHABHA’S MIMICRY AS REFLECTED IN TANIZAKI’S NAOMI. Dinamika : Jurnal Sastra Dan Budaya, 5(2). https://doi.org/10.25139/dinamika.v5i2.628
Setyowati, Y., Susanto, & Munir, A. (2020). Promoting University Students’ Critical Thinking Skills through Implementation of the Revised Bloom’s Taxonomy in Language Assessment: A Theoretical Prespective. https://doi.org/10.2991/soshec-19.2019.39
Surya, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Efront Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. 2(2).
Wagiyem, W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Kelas. Journal of Education Action Research, 4(4). https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28646
Zabolotniaia, M., Cheng, Z., Dorozhkin, E. M., & Lyzhin, A. I. (2020). Use of the LMS Moodle for an effective implementation of an innovative policy in higher educational institutions. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(13). https://doi.org/10.3991/ijet.v15i13.14945
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v9i2.9192
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.