ANALISIS APPRAISAL DALAM TEKS BERITA AKSI UNJUK RASA PADA MEDIA DARING

Andi Mulia, Mahmudah Mahmudah, Mayong Mayong

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan (1) sikap bahasa yang digunakan pada media daring dalam berita aksi unjuk rasa tataran linguistik sistemik fungsional, (2) pemosisian (engagement) bahasa yang digunakan pada media daring dalam berita aksi unjuk rasa tataran linguistik sistemik fungsional, (3) garduasi (graduation) bahasa yang digunakan pada media daring dalam berita aksi unjuk rasa tataran linguistik sistemik fungsional, serta (4) mengetahui relevansi kajian appraisal di perguruan tinggi. Data dalam penelitian ini yakni berupa kata, frasa dan klausa yang bermuatan mengenai aksi unjuk rasa dengan model analisis appraisal. Adapun sumber data, yaitu media daring Detik, Kompas, dan Tribunnews pada pemberitaan aksi unjuk rasa, serta beberapa buku dan jurnal yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data adalah Teknik dokumentasi, teknik pustaka, teknik baca simak, dan teknik catat. Data yang telah dikumpulkan dianalis dengan teknik yaitu menggunakan model analisis appraisal Martin & White (2005) yang terdiri dari aspek sikap (attitude), pemosisian (engagement), dan graduasi (graduation). Hasil penelitian pertama bentuk apprasial sikap yang terdapat pada pemberitaan aksi unjuk rasa dalam media daring detik, kompas, dan tribunnews terdiri dari afek, penghakiman/penilaian(judgment), apresiasi. Kedua bentuk apprasial pemosisian yang terdapat pada pemberitaan aksi unjuk rasa dalam media daring detik, kompas, dan tribunnews terdapat bentuk monoglosik dan heteroglosik. Ketiga bentuk apprasial graduasi yang terdapat pada pemberitaan aksi unjuk rasa dalam media daring detik, kompas, dan tribunnews terdapat bentuk focus dan force. Serta keempat penelitian ini, memiliki relevansi dengan program magang jurnalistik di perguruan tinggi.

Keywords


Appraisal; Media Daring; Teks Berita; Unjuk Rasa.

Full Text:

PDF

References


AECT. (2004). Definisi Teknologi Pendidikan satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT: Seri Pustaka teknologi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Adam I. Indra Wijaya. (2002). Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru.

Ashadi, Siregar. (2001). Menyikapi Media Penyiaran: Membaca Televisi Melihat Radio. Yogyakarta: LP3Y.

Atmakusumah. (2004). Kebebasan Pers & New Media. Jakarta: Lembaga Studi Pembangunan.

APJII. (2019). Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Jakarta: Indonesia Survei Center (ISC).

Aprianto, Budhie Nugroho. (2020). Analisis Sistem Appraisal pada Artikel Portal Berita Daring Liputan 6 yang Berjudul Claudia Si Cantik Pemimpin Kartel Narkoba Mirip Kim Kardashian. PRASASTI: Journal of Linguistics 5.1: 76-83.

Eggins, Suzanne. (2004). An Introduction to Systemic Functional Linguistics (2nd edition). New York: Continuum.

Ikhsanudin, Arief. (2021). “Meski Tak Diizinkan Polisi, HMI Muis Akan Tetap Demo di Depan

Istana”. Daring. https://news.detik.com. Diakses: 23 November 2021.

Jaipal-Jamani, K. (2014). Assessing the validity of discourse analysis: transdisciplinary convergence. Dalam Cultural Studies of Science Education,1-7.

Martin, J.R. & David Rose. (2007). Working with Discourse: Meaning Beyond the Clause. London: The Tower Building.

Nurdiyani, N. 2020. Amplifikasi Di Dalam Maklumat Ganjar Pranowo Kajian Linguistik Sistemik Fungsional. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 16 (2), 132–138.

Permana, Fendi. (2021). “Viral Polisi Banting Mahasiswa Saat Amankan Demo HUT Kabupaten Tangerang, Kapolres: Ditindak Tegas”. Daring. https://www.Tribun news.com. Diakses: 23 November 2021.

Pusparini, Ayu, Djatmika, & Riyadi Santosa. (2017). Analisis Sistem Appraisal Berita Proses Eksekusi Duo Bali Nine (Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional). Paramasastra, 4 (2), 193-208.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v9i1.8088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.