PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS OBSERVASI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA BLOGGER
Abstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis teks observasi kelas X berbantuan media blogger sebagai alat bantu media daring. Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19 yang menerapkan pembelajaran jarak jauh (daring) pada kelas X SMA Nusantara Plus . Desain pada penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menggunakan rumus rata-rata yaitu terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan pra siklus diperoleh hasil dengan nilai rata-rata 44, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 74 tetapi belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, dilanjutkan siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berbantuan media blogger dapat meningkatkan keterampilan menulis teks observasi peserta didik kelas X SMA Nusantara Plus.
Keywords
References
Alamsyah, Said dan Andi Budiman. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: Prenada Media Group.
Arikunto, S. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Buzan, Tony. 2013. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Deporter. 2015. Quantum Learning. Bandung: PT. Mizan Pustaka Anggota Ikapi.
Indrawati dan Wanwan Setiawan. 2012. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan untuk Guru SD. Jakarta: PPPPTK IPA.
Maswan, Lalia. 2016: Menjadi Penulis Populer. Yogyakarta: Deepublis.
Melvin, Silberman. 2014. Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: PT Nusamedia dan Nuansa.
Misra. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 1, No 2.
Pratama, Erik. 2012. Blog Sebagai Media Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Soebachman, Agustina. 2014. 4 Hari Mahir Menulis Artikel, Cerpen, Novel, Skripsi. Yogyakarta: Syura Media Utama.
Solomon, Gween. 2011. Web 2.0 Panduan Bagi Para Pendidik. Jakarta: PT Index.
Sulistyono dan Wiwik Sulistyowati. 2017. Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda. Jurnal Prozima. 1 (2): 83 – 84.
Zainab, N. et al. 2013. Production Of Fire-Retardant Sound-Absorbing. Journal of Tropical Forest Science, 25(4), pp. 510-51.
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v8i2.5686
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.