PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN SCAFFOLDING METAKOGNISI SISWA KELAS X.1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MAKASSAR

Akbar Avicenna, Muhammad Akhir

Abstract


Abstrak

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada siswa Kelas X.1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar, diketahui bahwa kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa di kelas tersbut masih tergolong rendah. Hasil observasi tersebut peneliti jadikan sebagai motivasi untuk melakukan penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi melalui metode pembelajaran Scaffolding metakognisi siswa kelas X.1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar. Penelitian ini direncanakan pelaksanaannya sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 36 siswa.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa sedangkan data kualitatif berupa hasil pengamatan aktivitas belajar siswa. Penerapan,            metode pembelajaran    Scafoollding     Metakognisi     dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi pada aspek “menulis topik,menyusun keramgka, mengembangkan kerangka, menyunting paragraf”.Hal ini ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata keseluruhan dan nilai tes akhir yang mengalami peningkatan. Hal ini tampak dari pencapaian rata-rata hasil tes siklus I 22,2 meningkat menjadi 74,3 pada siklus ke II

Kata kunci : Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Scaffolding Metakognisi

 

Abstract

Based on observations conducted on students of class X.1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar, it is known that the ability to write a paragraph argumentation tersbut students in the class is still relatively low. The results of these observations the researchers make it as motivation to do research. This research is a classroom action research that aims to improve the ability to write a paragraph argumentation through learning methods class X.1 Scaffolding students' metacognition Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar. The study was planned execution as much as 2 cycles. The subjects were students of class X.1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar 2015/2016 school year as many as 36 students. Data collection techniques by using quantitative data and qualitative data. The quantitative data in the form of student learning outcomes while qualitative data in the form of observations of student learning activities. Implementation, Scafoollding Metacognition learning methods to improve the ability to write a paragraph argument on the aspect of "writing topics, preparing keramgka, develop a framework, edit the paragraph" It is shown from the results of the overall average value and the value of the final test is increased.This is evident from the average achievement test results of the first cycle of 22.2 rose to 74.3 in cycle II
Keywords: Writing Skills Metacognition Scaffolding paragraph Arguments

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, dkk. 1998. Pembinaan Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Aminuddin. 2001. Problematika Bahasa dan Pengajarannya. Surabaya: Usaha Nasional.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Confrey, Jere. 1990. What Consructivism Implies for Teaching. JRM. E Constructivist Views on Teaching ang Learning. Page 107122.

Flavell. 1976. Metakognisi. (Online), Jilid 3, No. 12, htpp://www.google.com, diakses pada tanggal 3 Januari 2012.

Hidayat, Rahayu S. 1990. Pengetesan Kemampuan Membaca Secara

Komunikatif. Jakarta: Intermasa.

Kosasih, E. 2012. Dasar – Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya

Munirah. 2007. Dasar Keterampilan Menulis. Diktat. Makassar: Unismuh

Nur, Muhammad. 2000. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Pusat Studi Matematika, dan IPA Sekolah, Unesa

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra.

Yogyakarta: BPFE.

O’Neil JR Brown. 1997. Differential Effects of Question Formats in Math Assessement on Metacognition and Affect. Los Angeles: CRESST-CSE University of California.

Rahim, Abd. Rahman. 2002. Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. Diktat. Makassar: Unismuh.

Syafi’ie Imam. 2001. Terampil Berbahas Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan, Henri Guntur. 1992. Strategi pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Unismuh, FKIP, 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar.

Vygotsky. 1846. Scaffolding. (Online), Jilid 7, No.20, http://www.google.com. Diakses pada tanggal 3 Januari 2012.

Wijaya, Kusumah. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT

Indeks.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v3i2.461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.