EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN PUISI

Muhamad Faqih

Abstract


Media pembelajaran adalah istrumen yang yang sangat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Sebab keberadaannya secara langsung dapat memberikan dinamika tersendiri terhadap peserta didik. Perkembangan zaman menjadikan guru-guru turut aktif dan cermat dalam membuat media pembelajaran berbasis elektronik. Mobile learning adalah satu istilah yang dipakai untuk mengungkapkan model media pembelajaran yang mengadopsi perkembangan teknologi seluler sebagai sebuah media pembelajaran, dengan menyajikan gambar, audio, dan teks. Smart App Creator sebagai salah satu pranala membuat media berbasis mobile learning. Sehingga guru dapat membuat sebauh media yang berbasis android. Tujuan dari penulisan jurnal ini, yaitu untuk memberikan pemaparan tentang efektivitas aplikasi yang penulis buat, agar dapat dipakai dalam pembelajaran di sekolah, terutama dalam pembelajaran Puisi.

Kata Kunci: Media Pembelajaran; Smart App Creator; Mobile Learning.


Full Text:

PDF

References


Azhar, A. (2003). Media Pembelajaran. In PT. Raja Grafindo Persada (p. 300). PT. Raja Grafindo Persada.

Bambang, W. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. In PT. Rineka Cipta (p. 208). PT. Rineka Cipta.

Choiroh, N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring / E-Learning Dalam Pandangan Siswa. In Institut Agama Islam Press (p. 150). Institut Agama Islam Press.

Hamid, M. A. (2020). Media Pembelajaran. In Yayasan Kita Menulis (p. 280). Yayasan Kita Menulis.

Hamidullah, I. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Wayang. In CV. Pilar Nusantara (p. 270). CV. Pilar Nusantara.

Kaltsum, H. U. (2017). Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Urecol: University Research Colloquium, 19–24.

Karsono, Sujana, Y., Daryanto, J., & Yustinus, N. (2014). Penggunaan Kartu Kuartet Untuk Meningkat Pemahaman Keberagaman Seni Tradisi Nusantara Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 43–49.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.

Azhar, A. (2003). Media Pembelajaran. In PT. Raja Grafindo Persada (p. 300). PT. Raja Grafindo Persada.

Bambang, W. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. In PT. Rineka Cipta (p. 208). PT. Rineka Cipta.

Choiroh, N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring / E-Learning Dalam Pandangan Siswa. In Institut Agama Islam Press (p. 150). Institut Agama Islam Press.

Hamid, M. A. (2020). Media Pembelajaran. In Yayasan Kita Menulis (p. 280). Yayasan Kita Menulis.

Hamidullah, I. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Wayang. In CV. Pilar Nusantara (p. 270). CV. Pilar Nusantara.

Kaltsum, H. U. (2017). Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Urecol: University Research Colloquium, 19–24.

Karsono, Sujana, Y., Daryanto, J., & Yustinus, N. (2014). Penggunaan Kartu Kuartet Untuk Meningkat Pemahaman Keberagaman Seni Tradisi Nusantara Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 43–49.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). In Gaung Persada (GP) Press (p. 360). Gaung Persada (GP) Press.

R, H. (1996). Instructional Media and Tecnologies for Learning, 5 Edition. In Macmillan Publishing Company (p. 196). Macmillan Publishing Company.

Ramdani, R., Rahmat, M., & Fakhruddin, A. (2018). Media Pembelajaran E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Laboratorium Percontohan Upi Bandung. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 47–59. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13332

Suging Pandu, W. (2014). Media Pembelajaran dan Macam-macam Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. In Universitas Jember (p. 230). Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.