PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE ( TTW ) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LEMBANG

Wahyu Ningsih, Lenni Lenni

Abstract


Abstract


This research was a classroom action research (Classroom Reaserch) consisting of two cycles, each cycle of meetings held three times. Research procedured includes planning, action, observation and reflection. Subjects in this study were students of class VIII SMP Negeri 1 Lembang. Data collection techniques used in this research is data about student learning results obtained from the tests during the learning process and observation data through observation sheet.

The results showed that in the first cycle were completed individually of 35 students only 14 students or 56%, which meets the minimum completeness criteria (KKM) or are in the low category. Classically had not been met because the average value obtained at 68.44, while in the second cycle of 25 students have met KKM and classically been fulfilled with the average value obtained for 81.2 or are at high category which refers to five assessment aspect is the quality of the content of the report, the organization of writing, the precision of diction, use EYD and meaningfulness of the whole text, and the increased activity of students in the learning process in accordance with the results of observations made during the study.

Based on these results above, it can be concluded that the writing skills of students of class VIII SMP Negeri 1 Lembang through the implementation of cooperative learning model Think Talk Write (TTW) has increased.

Keywords: writing skills, cooperative Think Talk Write (TTW)

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Reaserch) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tentang hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes pada saat proses pembelajaran dan data hasil pengamatan melalui lembar observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 35 siswa hanya 14 siswa atau 56% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau berada pada kategori rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 68,44 sedangkan pada siklus II dari 25 siswa telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 81,2 atau berada pada kategori tinggi yang mengacu pada lima aspek penilaian yaitu kualitas isi laporan, organisasi penulisan, ketepatan diksi, penggunaan EYD dan kebermaknaan keseluruhan tulisan serta terjadinya peningkatan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan hasil observasi yang dilakukan selama penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lembang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) mengalami peningkatan.

 

Kata kunci : keterampilan menulis, kooperatif tipe Think Talk Write (TTW)


Full Text:

PDF

References


Hanis, dkk. 2011. Keterampilan Dasar dalam Proses Pembelajaran. Makassar : Unismuh Makassar Press.

Hijrianto. 2008. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bajeng Kabupaten Gowa . Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar. Program Studi Starata Satu (S1) Unismuh Makassar

Munirah. 2007. Dasar Keterampilan Menulis ( Diktat ) Makassar : FKIP Unismuh Makassar.

Erwin. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 33 Makassar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar. Program Studi Pendidikan Geografi. Universitas Negeri Makassar.

Suharsaputra, Uhar. 2013. Menjadi Guru Berkarakter. Bandung : PT. Refika Aditama.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.26618/jk.v2i2.411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter