KEEFEKTIFAN METODE PQRST (Preview, Question, Read, Summerize, Test) DALAM MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BACAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BONTOMATENE KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR
Abstract
Abstract
This study was a experiment research. The hypothesis of this study were the differences in learning outcomes with the use of reading comprehension PQRST method (preview, question, read, summerize, test) in the text reading Indonesia subjects were given to students. The research conducted at the seventh grade students of SMP Negeri 1 Bontomatene Selayar islands regency academic year 2014/2015 and the number of students 40 people. The research data obtained from the test result of learning to see the success of student learning after learning method PQRST (preview, question, read, summerize, test). The results showed that students who scored above 70 increases. Based on the results of the research, concluded that learning reading comprehension in reading texts using PQRST (Preview, Question, Read, summerize, Test) and without using meode there was a difference in student learning outcomes. PQRST learning method (Preview, Question, Read, summerize, Test) is effective.
Keywords: PQRST method, reading, and reading comprehension.
Abstrak
Penelitian ini adalah Eksperimen. Hipotesis penelitian ini adalah bahwa ada perbedaan hasil belajar membaca pemahaman dengan penggunaan metode PQRST (preview, question, read, summerize, test) dalam teks bacaan mata pelajaran Indonesia yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar tahun ajaran 2014/2015 dan jumlah siswa 40 orang. Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar untuk melihat keberhasilan belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan metode PQRST (preview, question, read, summerize, test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai diatas 70 meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Pembelajaran membaca pemahaman pada teks bacaan dengan menggunakan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summerize, Test) dan tanpa menggunakan meode terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Pembelajaran menggunakan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summerize, Test) efektif.
Kata Kunci: metode PQRST, membaca, dan membaca pemahaman.
Full Text:
PDFReferences
Anderson, Paul. 2014. Keterampilan Bahasa di Sekolah. Jakarta: Publishing.
Brown, Douglas. 2014. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Pearson Education.
Budinuryanto. 1997. Pengantar Pemahaman. Yogyakarta: BPFE.
Chandra. Penggunaan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Deskrispi Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Makassar. Skripsi. FKIP: UNISMUH. (tidak diterbitkan)
Depdikbud. 1985. Pengajaran dan Pembelajaran. Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka
Eskey, D. 2002. Membaca dan Guru. Jakarta: TESOL.
Freankle, dkk. 2007. Mengevaluasi Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.
Hambali. 2008. Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Diktat. FKIP: UNISMUH.
Kundharu. S. & Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: GRAHA ILMU
Masriah. 2009. Peningkatan Pemahaman Membaca Siswa melalui Metode STAD di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene. Skripsi. Makassar: UNISMUH.( tidak diterbitkan).
Oka, I Gusti Ngurah. 1983. Pengantar Membaca dan Pengajarannya. Surabaya: Usaha Nasional.
Thamrin P & A. Rahman Rahim. 2012. Bunga Rampai Pembelajaran: aplikasi Pembelajaran Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Makassar: Membumi Publishing
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v2i2.410
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.