PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE BERSERI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DI SEKOLAH DASAR

Andi Adam

Abstract


Peningkatan kemampuan menulis murid di sekolah dasar merupakan salah satu tujuan utama pembelajaran Bahasa Indonesia, namun kenyataannya belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam penggunaan metode vidio you Tube dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada murid sekolah dasar. Dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik Pengumpulan data yang dilakuka dalam penelitian ini adalah: (a) hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dikumpulkan dengan memberikan tes menulis pada setiap akhir siklus, (b) data tentang proses belajar mengajar dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar secara kuantitatif ditandai dengan meningkatnya skor rata-rata siswa yaitu dari 66,92 menjadi 78,32 dari skor ideal 100. Secara kualitatif, terjadi peningkatan kualitas proses belajar yaitu perubahan sikap siswa yang ditandai dengan: (a) Meningkatnya frekuensi kehadiran siswa, (b) Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, (c) Semakin banyaknya siswa yang memperhatikan penjelasan guru, (d) Semakin banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan dan menjawab tugas dengan benar, (e) Semakin berkurangnya siswa yang meminta bimbingan dan meminta dijelaskan tentang suatu konsep. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan penggunaan metode vidio You Tube berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis murid. Dan disarankan kepada guru, untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa harus dilibatkan dalam proses pembelajaran sehingga tercipta kemandirian untuk menyelesaikan  soal di rumah tentang materi yang telah dipelajari dan materi yang akan dipelajari selanjutnya, sehingga pembelajaran dengan penggunaan metode Vidio youtube berseri merupakan salah satu metode alternative

Full Text:

PDF

References


Fauzan, M. (2012). Upaya Pembangunan Karakter Mahasiswa STAIN Pekalongan Melalui Kegiatan Menulis Karya Ilmiah Berprinsip ESQ 165 (Satu Ihsan, Enam Rukun Iman, dan Lima Rukun Islam). Edukasia Islamika, 10(1), 69426.

Green, B., & Hope, A. (2010). Promoting Clinical Competence Using Social Media. Nurse Educator Journal, 35(3), 127-129.

Hapsari, A. S., Gunarhadi, G., & Roemintoyo, R. 2017. Video Blog: Media Pembelajaran Alternatif untuk Melatih Keterampilan Menulis Paragraf bagi Siswa Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 80-89.

Herlinda, H., Munirah, M., & Syakur, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Murid Kelas III Sd Inpres Bontokanang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 508-517.

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7.

Mahargyani, A. D., Waluyo, H. J., & Saddhono, K. (2012). Peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan metode field trip pada siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 46-57.

Muhsin, M. A. (2017). Improving students’ Writing Skills of Recount Text by applying Translation-Action-Detail (TAD) Strategy. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 4(2), 156-167.

Mujianto, H. (2019). PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA AJAR DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159.

Mundziroh, S., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Basastra, 2(1).

Pertiwi, N., & Sharif, O. O. (2019). Minat Perilaku Penggunaan Youtube Sebagai Sumber Pembelajaran Dengan Pendekatan Tam. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 12(1), 9-15.

Prananta, Y. R., Setyosari, P., & Santoso, A. (2016). Pemanfaatan Digital Storytelling Sebagai Media Pembelajaran Tematik di SD. In Seminar Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan aspek psikologinya. digilib. mercubuana. ac. id.(online).

Purwanti, E. (2013). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Reka Cerita Gambar Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Menulis Cerita Siswa Tunarungu Di Slb-B Dharma Wanita Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Khusus, 1(1).

Sardila, V. (2016). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida', 40(2), 110-117.

Setiawati, I. (2016). Strategi Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Kreatif pada Siswa Kelas 4 dan 5: Studi Multikasus di MIN Rejotangan dan SDN 1 Rejotangan Tulungagung. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(1), 107-127.

Sugiarsih, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Drop Everything and Read (DEAR) pada Siswa Sekolah Dasar (MI). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 157-168.

Suwarno, M. (2017). Potensi Youtube Sebagai Sumber Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 1-7.

Muhsin, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Siri'Na Paccei Terhadap Kempuan Membuat Paragraf Deskriptif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Sungguminasa. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(1), 36-48.

Utami, R. H. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Materi Sumber Daya Alam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Majalangu Watukumpul Kabupaten Pemalang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Visser, J. E., Carpenter, M. G., van der Kooij, H., & Bloem, B. R. (2008). The clinical utility of posturography. Clinical Neurophysiology, 119(11), 2424-2436.

Yusri, Y., Rosida, A., Jufri, J., & Mantasiah, R. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Youtube Berbasis Various Approaches dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i2.3992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.