PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE BERSERI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Fauzan, M. (2012). Upaya Pembangunan Karakter Mahasiswa STAIN Pekalongan Melalui Kegiatan Menulis Karya Ilmiah Berprinsip ESQ 165 (Satu Ihsan, Enam Rukun Iman, dan Lima Rukun Islam). Edukasia Islamika, 10(1), 69426.
Green, B., & Hope, A. (2010). Promoting Clinical Competence Using Social Media. Nurse Educator Journal, 35(3), 127-129.
Hapsari, A. S., Gunarhadi, G., & Roemintoyo, R. 2017. Video Blog: Media Pembelajaran Alternatif untuk Melatih Keterampilan Menulis Paragraf bagi Siswa Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 80-89.
Herlinda, H., Munirah, M., & Syakur, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Murid Kelas III Sd Inpres Bontokanang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 508-517.
Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7.
Mahargyani, A. D., Waluyo, H. J., & Saddhono, K. (2012). Peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan menggunakan metode field trip pada siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 46-57.
Muhsin, M. A. (2017). Improving students’ Writing Skills of Recount Text by applying Translation-Action-Detail (TAD) Strategy. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 4(2), 156-167.
Mujianto, H. (2019). PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA AJAR DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159.
Mundziroh, S., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Basastra, 2(1).
Pertiwi, N., & Sharif, O. O. (2019). Minat Perilaku Penggunaan Youtube Sebagai Sumber Pembelajaran Dengan Pendekatan Tam. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 12(1), 9-15.
Prananta, Y. R., Setyosari, P., & Santoso, A. (2016). Pemanfaatan Digital Storytelling Sebagai Media Pembelajaran Tematik di SD. In Seminar Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan aspek psikologinya. digilib. mercubuana. ac. id.(online).
Purwanti, E. (2013). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Reka Cerita Gambar Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Menulis Cerita Siswa Tunarungu Di Slb-B Dharma Wanita Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Khusus, 1(1).
Sardila, V. (2016). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida', 40(2), 110-117.
Setiawati, I. (2016). Strategi Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Kreatif pada Siswa Kelas 4 dan 5: Studi Multikasus di MIN Rejotangan dan SDN 1 Rejotangan Tulungagung. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 16(1), 107-127.
Sugiarsih, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Drop Everything and Read (DEAR) pada Siswa Sekolah Dasar (MI). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 157-168.
Suwarno, M. (2017). Potensi Youtube Sebagai Sumber Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 1-7.
Muhsin, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Siri'Na Paccei Terhadap Kempuan Membuat Paragraf Deskriptif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Sungguminasa. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(1), 36-48.
Utami, R. H. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Materi Sumber Daya Alam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Majalangu Watukumpul Kabupaten Pemalang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Visser, J. E., Carpenter, M. G., van der Kooij, H., & Bloem, B. R. (2008). The clinical utility of posturography. Clinical Neurophysiology, 119(11), 2424-2436.
Yusri, Y., Rosida, A., Jufri, J., & Mantasiah, R. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Youtube Berbasis Various Approaches dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(2).
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i2.3992
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.