PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IX SMP UNISMUH MAKASSAR

Syekh Adiwijaya, Irmawati Irmawati

Abstract


Abstract


The research was a classroom action research aimed at improving the quality of students learning Indonesian Makassar Unismuh junior class IXA through contextual approach. This study consisted of two cycles of the first cycle for 4 meetings and the second cycle for 4 meetings. The subjects were students of class IXA Makassar Junior Unismuh the number of 30 students in the first semester of the 2015/2016 school year on the subject of short stories. Collecting data through the test results of this research study, observation sheet activities of students and teachers as well as student questionnaire responses. Data were analyzed by descriptive quantitative and qualitative. Based on the analysis, the results of studying Indonesian students has increased, which includes the average score Indonesian learning outcomes of students in the first cycle was 75.5 with a standard deviation of 9.87. In the second cycle the average score Indonesian student learning outcomes is 85.2 with a standard deviation of 12.36. The percentage of students who achieve mastery minimum is 23 or 76.66% in the first cycle and 27 or 90% in the second cycle. While data on the observation of activity of students and teachers were analyzed qualitatively also increased for applied learning with contextual approach in class IXA Unismuh SMP. In addition, the students' response to the contextual approach was generally positive with the average number of 95.18. So in general it can be concluded that the quality of learning Indonesian students has increased.

Keywords: Quality of Learning, Contextual Approach.

 

Abstrak

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IXA SMP Unismuh Makassar melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I selama 4 kali pertemuan dan siklus II selama 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMP Unismuh Makassar dengan jumlah siswa 30 pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan pokok bahasan cerita pendek. Pengambilan data penelitian ini melalui tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta angket respon siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis, hasil belajar bahasa Indonesia siswa mengalami peningkatan, yang meliputi skor rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa pada siklus I adalah 75,5 dengan standar deviasi 9,87. Pada siklus II skor rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa adalah 85,2 dengan standar deviasi 12,36. Persentase siswa yang mencapai ketuntasan minimal adalah 23 atau 76,66 % pada siklus I dan 27 atau 90% pada siklus II. Sedangkan data hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang dianalisis secara kualitatif juga mengalami peningkatan selama diterapkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IXA SMP Unismuh. Selain itu, respon siswa terhadap pendekatan kontekstual secara umum positif dengan jumlah rata-rata sebesar 95,18. Sehingga secara umum dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran bahasa indonesia siswa mengalami peningkatan.

Kata Kunci : Kualitas Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual.


Full Text:

PDF

References


Andira Ayu. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Kajang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Jathee, imperial. 2014. 13 Poin Menulis Cerita Pendek. Yogyakarta: Andi.

Johnson Elaine. 2011. CTL (Contextual Teaching and Learning) Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifah Learning.

Kusumaningsih, dewi, dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Munirah. 2007. Dasar Keterampilan Menulis. Diktat. Makassar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rahim, Abd. Rahman dan Paelori Thamrin. 2013. seluk beluk bahasa dan sastra indonesiai. Surakarta: Romiz Aisy.

Suryani. 2015. Meningkatkan Kualitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Bajeng Kab. Gowa. Skripsi. Jurusan Matematika FKIP




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v2i1.397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.