PENINGKATAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI KELAS VIII SMP 3 PAJJUKUKANG KABUPATEN BANTAENG MELALUI MEDIA GAMBAR SERI

Abdan Syakur, Kaharuddin Kaharuddin

Abstract


Abstrak

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi kelas VIII SMP 3 Pajjukukang Kabupaten Bantaeng melalui media gambar seri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa melalui media gambar seri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa melalui tindakan pemahaman konsep. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII melalui media gambar seri sebanyak 32 orang. Data keterampilan menulis karangan Argumentasi  melalui media gambar seri melalui tes pada tiap akhir siklus. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif dan ditentukan keterampilan menulis siswa berdasarkan pengkategorian keterampilan menulis karangan argumentasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan argumentasi siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus ke II. Hasil penelitian mengenai keterampilan Menulis Karangan Argumentasi melalui media gambar seri mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus ke II. Pada siklus I rata-rata keterampilan menulis karangan argumentasi  kelas VIII SMP 3 Pajjukukang Kabupaten Bantaeng pada siklus I yaitu sebesar 63, 13 meningkat pada siklus II menjadi 73, 59. Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa kelas VIII SMP 3 Pajjukukang Kabupaten Bantaeng.   

Kata Kunci : Karangan Argumentasi , Media Gambar Seri

Abstract

The main problem in this research is how to implement a series of images in the media improve argument essay writing class VIII SMP 3 Pajjukukang Bantaeng through a series of media imagery. This study aims to improve the ability to write an essay argumentation. This study is a class action that aims to improve the skills of writing essays argumentation the students through an act of understanding the concept. The subjects were students of class VIII through media picture series as many as 32 people. Data were analyzed descriptively and determine students' writing skills by writing argument essay categorization skills of students. Results showed from the first cycle to the second cycle shows that argumentasisiswa essay writing skills has increased from cycle I to cycle II. Results of research on argumentation skills Essay Writing class VIII SMP 3 Pajjukukang Bantaeng through a series of media imagery has increased from cycle I to cycle II. In the first cycle essay writing skills class average arguments SMP 3 Pajjukukang Bantaeng in the first cycle is equal to 63, 13 increased in the second cycle to 73, 59. Thus the researchers conclude that the increase in the ability of class VIII SMP 3 Pajjukukang Bantaeng.

Key words: Argumentation, Median, and picture


Full Text:

PDF

References


Adi Prasetya, Yudhistira. 2011. Ringkasan Teori dan Evaluasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Ahmad.Abdul Karim. 2007. Media Pembelajaran. Makassar : Badan Penerbit UNM Makassar.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Edgar Dale dalam Abdul Karim Ahmad dalam bukunya Media pembelajaran(2007:2).

Hamalik (1994:15) mengemukakan manfaat media pembelajaran.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.

Oemar Hamalik dalam Ahmad Abdul Karim. 2007 Media Pembelajaran. Makassar: Badan penerbit UNM Makassar.

Saddhono, Kundharu & Slamet, S. Y. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Soeparno dalam Ahmad Abdul Karim. 2007 Media Pembelajaran. Makassar: Badan penerbit UNM Makassar.

Sudjana dan Rivai (1992:2) mengemukakan manfaat media pembelajaran dalam proses belajar mengajar

Suparno dan M. Yunus.2003. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tampubolon. 1987. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung : Angkasa.

Tarigan (1981:1). Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa.

Tarigan (1986:21). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Tarigan.Henry Guntur.2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa .Bandung: Angkasa.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.

Yusuf Hadi Miarso dalam Ahmad Abdul Karim. 2007 Media Pembelajaran. Makassar: Badan penerbit UNM Makassar




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v3i2.390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.