HUBUNGAN SIKAP TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SMP NEGERI 3 BATU LEPPA KECAMATAN SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI

Iskandar Iskandar

Abstract


ABSTRAK

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan sikap terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas  II SMP Negeri 3 Batu Lappa Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Untuk mendapatkan data yang akurat,maka proses penelitian ini dirancang sedemikian rupa sehingga Hal-hal yang tidak berhubungan dengan tujuan penelitian dapat dihindari.Oleh karena itu, kegiatan penelitian ini melalui beberapa tahap pertama yaitu diadakan tinjauan kesekolah tempat penelitian untuk mengamati situasi dan kondisi sekolah tersebut termasuk waktu yaitu tahap penyusunan proposal penelian termasuk instrumen yang akan dipergunakan untuk menjaring data termasuk surat izn penelitian dari pihak terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan sikap terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas II SMP Negeri 3 Batu leppa kecamtan sinjai selatan kabupaten sinjai. Hal ini dibuktikan bahwa r-hitung (0,884) lebih besar dari pada r – tabel (0,22). Jadi hipotesis alternatif (hipotesis penelitian ) diterimah. Berdasarkan hasil penelitian ini, perlu diserahkan kepada guru, khususnya guru bahasa dan sastra indonesia kelas II SMP Negeri 3 Batu leppa kecamatan sinjai selatan kabupaten sinjai agar lebih meningkatkan kemampuan mengajar

Kata Kunci: Sikap, prestasi belajar, bahasa indonesia dan siswa

 

ABSTRACT

The goal of this research is to describe the relationship attitude towards learning achievement of Indonesian students in grade II SMP Negeri 3 Batu Lappa Southern Sinjai Sinjai district. To obtain accurate data, the research process is designed so that things that are not related to the research objectives can be avoided. Therefore, this research activity through the first few stages are held for school reviews a study to observe the situation and condition of these schools include the time that drafting stage research proposal includes instruments that will be used to collect data including letters izn research from related parties. The results of this study indicate that there is a relationship attitude towards learning achievement of Indonesian students in grade II SMP Negeri 3 Batu leppa southern districts Sinjai Sinjai district. It was proven that r-count (0.884) is greater than the r - table (0.22). So the alternative hypothesis (hypothesis) are acceptable. Based on these results, it should be handed over to the teachers, especially teachers of language and literature class II Indonesia SMP Negeri 3 Batu leppa south district Sinjai Sinjai districts to improve their teaching skills

Keywords: attitude, academic achievement, Indonesian and students


Full Text:

PDF

References


Abimanyu, Soli. 1977. Diagnostik Kesulitan Belajar. Tanpa nama penerbit dan tempat terbit.

Ali, M. 1985. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung : Angkasa.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi IV, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Dalyono M, 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno, 1984. Statistik II. Yogyakarta Fakultas Psikologi UGM.

Hasan, H. Chalijah, 1994. Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya : Al-Ikhlas.

Kridalaksa, H. 1984. Kamus Linguistik. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Mappa, Syamsu, 1977. Psikologi Pendidikan. Ujung Pandang : FKIP-IKIP.

Moeliono, dkk 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Munandar, U, 1966. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Gafindo Persada.

Natawijaya, Rahmat, 1979. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Gramedia.

Poerbakawatja dan Harahap H. A.M. 1991. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta : Gramedia.

Poerwadarminta, W. J. S. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Slamento. 1987. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Bina Aksara.

Suardiman. 1988. Psikologi Konseling. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM.

Soedjana. Nana dkk. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Pioner Jaya.

Sukardi, Ketut. 1982. Tes Dalam Konseling Karier. Surabaya : Usaha Nasional.

Sutadipura, H. Balnadi. 1985. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Gramedia

Titaraharja Umar. 1981. Psikoogi Umum. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Yolius. 1980. Kamus Bahasa Indonesia. Tanpa Penerbit.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v3i1.388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.