ANALISIS PENGGUNAAN STRATEGI STRATTA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUNGGUMINASA

Muh Amin

Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab kemampuan menulis puisi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungguminasa  melalui penerapan strategi Stratta? dan Apakah strategi Stratta efektif diterapkan dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungguminasa?” Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yakni melakukan penelitian secara mendalam dan menguji hipotesis. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungguminasa yang berjumlah 101 orang yang terbagi atas empat kelas, sedangkan sampel penelitian ditetapkan kelas XI sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dilakukan dengan teknik observasi dan memberikan tes menulis puisi. Data yang terkumpul dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa nilai keefektifan strategi Stratta dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungguminasa sebesar 2,43. Berdasarkan nilai t hitung tersebut dapat dibandingkan dengan nilai t ta­bel db = N-1 = 25-1 = 24. Jadi, db 25-1 = 24 dan t = 0,5 (tabel terlampir). Sementara, t hitung = 2,43 dan t tabel = 2,064 (signifikan 5%). Dengan demikian, t hitung > t tabel. Perbandingan hasil kemampuan pretes dan postes menunjukkan bahwa nilai t hitung sebanyak 2,43> nilai t tabel 2,064. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima. Diharapkan Guru hendaknya menggunakan strategi strata  dalam pembelajaran, karena strategi ini efektif diterapkan dalam meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungguminasa.

Kata Kunci: Strategi, stratta, menulis puisi, dan siswa

 

ABSTRACT


This study aimed to answer the ability to write poetry class XI student of SMAN 1 Sungguminasa through the implementation of strategies Stratta? and Is Stratta effective strategy implemented to improve the ability to write poetry class XI student of SMAN 1 Sungguminasa? "This type of research is an experimental research which is doing in-depth research and testing hypotheses. The study population was the whole class XI student of SMAN 1 Sungguminasa totaling 101 people, divided into four classes, while the eleventh grade study sample set of 25 people as an experimental class and class X2 as many as 25 people as a control group. Data collection techniques used is done by observation and provide a test write poetry. Data collected in the study were analyzed using inferential statistical techniques. Based on the analysis, it appears that the effectiveness of the strategies Stratta in enhancing the ability to write poetry class XI student of SMAN 1 Sungguminasa of 2.43. Based on the t value can be compared with the value t ta¬bel db = N-1 = 25-1 = 24. So, db 25-1 = 24 and t = 0.5 (table attached). Meanwhile, t = 2.43 and t table = 2.064 (5% significance). Thus, t> t table. Comparison of the ability of pretest and posttest results showed that the total value of 2.43 t count> t table 2.064. This shows that the hypothesis proposed accepted. Teachers should be expected to use learning strategies in strata, because this strategy effectively applied in improving the ability to appreciate poetry class XI student of SMAN 1 Sungguminasa.

 

Keywords: Strategy, stratta, writing poetry, and students


Full Text:

PDF

References


Achadiah, S. Arsjad, M. G. & Ridwan. 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Malang: Sinar Baru Algasindo.

Arif Tiro, Muhammad. 1999. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Firman. 2003. “Keterampilan Siswa Kelas II SLTPN I Sajoanging, Kabupaten Wajo Menulis Pengalaman Pribadi dalam Bentuk Puisi”. Skripsi. Makassar: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Makassar.

Halimah. 2006. ”Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar.” Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Hamid, Mukhlis A. 2005. Antara Harapan dan Kenyataan. Makalah disampaikan pada “Dialog Sastra 1996”, Jangka Bireuen, 21 Desember 1996.

Hartoko, A. 1989. Penuntun Tulis Menulis. Banjarmasin: Aulia.

Suhartini. 2005. “Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas III Bahasa SMA Negeri 1 Bajeng”. Skripsi. Makassar: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Makassar.

Sulastriningsih, dan Mahmudah. 2007. Pengajaran Prosa Fiksi dan Drama. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Slavin, Robert E,. 1995. Cooperative Learning: Theory Research and Practice. London: Allymand Bacon Publisher.

Sutjarso. 2006. Pengajaran Puisi Indonesia. Makassar.

Syafi’ie, Imam. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Lukman, Andi. 2008. “Kemampuan Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Binamu Kabupaten Jeneponto Menulis Simulasi Dongeng”. Skripsi. Makassar: FBS UNM.

Mirriam, Caryn. 2006. Daripada Bete Nulis Aja. Bandung: Kaifa.h

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2002. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahmanto. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius

Roekhan. 1991. Menulis Kreatif Dasar-Dasar dan Petunjuk Penerapannya. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh Malang.

Waluyo, Herman J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v3i1.384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.