PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR BERBICARA SISWA KELAS IV SDI TETEBATU KABUPATEN GOWA

Abdul Munir

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengungkap dan menganalisis, Pengaruh Jigsaw, terhadap hasil belajar berbicara bahasa Indonesia. Metode eksperimen yang digunakan adalah Desain Penelitian Posttest Only Desain. Adapun populasi sebanyak 86, sampelnya 43. Instrument penelitian adalah lembar observasi, objektif tes (pilihan ganda), dan format wawancara, serta dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Jigsaw, memeroleh nilai hasil belajar Berbicara bahasa Indonesia rata-rata baik.

Kata Kunci: Pengaruh, Model Jigsaw, Keterampilan Berbicara, bahasa Indonesia,  Hasil Belajar.

 

Abstract

The purpose of this study is to reveal and analyze, Effect of Jigsaw, the learning outcomes speak Indonesian. Experimental method used is Design Research Posttest Only design. The population of as many as 86, the sample is 43. Instrument of research is observation sheet, an objective test (multiple choice), and the format of the interview, and documentation. The result showed that students treated learning model Jigsaw, obtain the value of learning outcomes Indonesian Speaking average good.

Keywords: Effect, Model Jigsaw, Speaking Skills, Indonesian, Learning Outcomes.


Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 1977. Laerning To Teack. Singapura: Mc Graw-Hill Book Campany.

Arends, R.I. 1998. Learning To Teack. New York: Mc Grow-Hill Companies, inc

Arends, R.I. 2007. Laerning To Teack, New York: Mc Grow-Hill Companies.

Arikunto, S. 1988. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Proyek Pengembangan lembaga Kependidikan.

Ausubel, D.P. 1974. Educational Psychology: A CognitiIVe IView. New York. Holt Rinehart and Winston.

Asri,A.S. I G A, 2011, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (JIGSAW & JIGSAW, MotiIVasi Beprestasi dan Keterampilan social Terhadap Hasil Pembelajaran PKn Sekolah Dasar.Disertasi.UniIVersitas Negeri Malang.

Badan Penerbit UNM. 2010. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Makassar: BP. UniIVersitas Negeri Makassar.

Badan Standar Nasional Pendidikan.2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Budiono. 2010. Ejaan yang disempurnakan (EYD). Jakarta: Penerbit Bintang Indonesia.

Bendot, Tri Utomo, 2009. Pengaruh Metode Pebelajaran (Penemuan Terbimbing IVs Ekspositori) dan MotiIVasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IX SMP.Disertasi.PPS UM. Malang.

Bloom, B.S. et.al. 1982. Taxonomy of education ObjectiIVes.Handbook I; CognitiIVe Domain.New York McKay.

Confrey, Jere. (1995) A theory of intellectual deIVelopment. Journal for The Learning of Mathematics. Monograph, Number 15, June 1995, p,36-43. Canada: FLM Publishing Association.

Departemen Pendidikan Nasional 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum SD, Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan. Jakarta.

Degeng, I. N. S, 1989, Teori Pembelajaran: Taksonomi IVariabel. Jakarta: Program Magister Manajemen Pendidikan UniIVersitas Terbuka.

Degeng, I. N. S, 1997, Strategi Pembelajaran: Mengorganisasikan isi dengan Model Elaborasi. Malang: Penerbit IKIP Malang bekerja sama dengan Biro Penerbitan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia Jakarta.

Degeng, I. N. S, 2001.Kumpulan Bahan Pembelajaran, Menuju Pribadi Unggul Lewat Perbaikan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Malang. UniIVersitas Negeri Malang, LP3.

Dimyati,& Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne, R. M. 1977. The Condition of Learning. New York: Holt-Rinehart and Winston.

Gagne, R. M. & Briggs, L. J. 1979.Principles of Instructional Design, second edition. New York: Holt-Rinehart and Winston.

Gunawan, 2010.Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang InoIVatif, Rumah Zakat Indonesia (RZI) Kota Cilegon.Blogspot. Com/2009/09/pendekatan-pembelajaran/Jurnal Nasional, diakses tgl.17/8/2013. Pena Press.

Joyce, B, & Weil, M; & Calhoun, E; 2003.Models of Teaching (7th.ed). Boston: Allyn & Bacon.

Joyce, B. & Weil.M; & Calhoun. 2011. Model of Teaching. Model-model Pengajaran. 8 th. Ed. Saduran. Fawaid, A & A. Mirza. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Kerlingger, F. N. 2000. Asas-asas Penelitian BehaIVioral.Terjemahan oleh Landung R. Simatupang. 1990. Jogyakarta: Gajah Mada UniIVersity Press.

Lie, A. 2002. CooperatiIVe Learning: Mempraktekkan CooperatiIVe Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Lie, A. 2008. CooperatiIVe Learning: Paradigmas of Collega Teaching, http://faculyty, petra.ac.id.

Medsker, Keren L; Holdsworth, Kristina M. 2001.Models and Strategies for Training Design, New York: International Society for Performance ImproIVement.

Poerwadarminta, W.J.S. 1979. Karang Mengarang, Yogjakarta, Penerbit Taman Siswa.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Rusman, 2010.Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, seri Manajemen Sekolah Bermutu: Bandung. Rajawali Pers.

Sagala, S. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2008.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta.

SlaIVin. R. E, 1977. Educational Psychology Theory and Practice.Allyn & Bacon A Simon A. Scuster Company. Second Edition, Singapore.

SlaIVin, R. E, 1994.Educational Psychology: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

SlaIVin, R. E. 1995.Centeren and ContructiIVist Approaches to Instruction Second Edition, Boston: Allyn and Bacon.

SlaIVin, R. E. 2008.CooperatiIVe Learning: Tiori, Riset, dan Praktik. Terjemahan oleh Nurulita, Bandung: Nusa Media.

Suhirman.2008. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif dan Keterampilan Sosial Terhadap Perolehan Belajar dan sikap social pada siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Disertasi. Malang: PPS UniIVersitas Negeri Malang.

Surapranata, S. 2004. Analisis IValiditas, Reabilitas; dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2007.Pembelajaran Kooperatif, (CooperatiIVe Learning) Model-model Pembelajaran InoIVatif Berorientasi KonstruktiIVistik), Jakarta: Prestasi.

Tuckman, B.W, 1999. Conducting Educational Research. Fifth Edition: Orlando, Harcourt Brace College Publiher.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Secretariat Negera RI.

Uno Hamzah B, 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v3i1.382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.