NILAI-NILAI SOSIAL DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN KAJIAN PROSA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI DIKSATRASIADA UNIVERSITAS MATHLA’UL ANWAR BANTEN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel hujan karya Tere Liye. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel hujan karya Tere Liye adalah metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai sosial dalam novel hujan karya Tere Liye yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama Tahun 2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan metode pembacaan model semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik.Hasil Analisis data terhadap novel hujan karya Tere Liye dapat disimpulkan bahwa nilai sosial yang terdapat dalam novel tersebut yaitu nilai tolong menolong, kekeluargaan, kesetiaan, kepedulian, tanggung jawab, disiplin, empati, keserasian hidup, toleransi, kerjasama, dan demokrasi.Hasil analisis nilai-nilai sosial dalam novel hujan karya Tere Liye dapat dijadikan sebagai alternatif bahan pembelajaran kajian prosa pada mahasiswa pendidikan bahasa sastra Indonesia dan daerah Universitas Mathla’ul anwar Banten
Kata kunci: nilai sosial, novel hujan, bahan pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Azies, Furqonul dan Hasim Abdul. 2010. Menganalisis Fiksi. Bandung: Ghalia Indonesia.
Dhohiri, T.R. 2007. Sosiologi, Suatu Kejadian Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Yudistira.
Hendropuspito, OC. 2000. Sosiologi Agama. Yogyakarta: Kanisius
Jahuri, Heri. 2010. Cara Memahami Nilai Religius dalam Karya Sastra dengan Pendekatan Reader’s Respons. Bandung: Arfindo Raya
Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi.
Padang: Akademia Permata.
Liye, Tere.2016. Hujan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Karya.
Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Ruhimat, T. dkk. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpen FIP UPI.
Zubaedi. 2005. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i2.2687
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.