IMPLEMENTASI MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WILAYAH I KECAMATAN TEMPE KABUPATEN WAJO

JAWARIAH JAWARIAH

Abstract


Abstract

The research aimed to describe the effectiveness level of audiovisual media in improving the ability of learning to write official letter at V grade elementary school student in Region I Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. This research was experimental research posttest only control group design type. The total population in this research was 151 people using total sampling. Sample in this research was clustered on two cluster, VA grade SDN 2 Maddukkelleng students as many as 32 students as experimental class (X) and VB grade SDN 5 Maddukkelleng students as many as 28 students as control class (Y). Technique of collecting data was done by giving test to each cluster, experimental class and control class. The obtained data were analyzed using statistic descriptive technique and analysis experimental technique t-test third design type. This result of this research showed that calculation of coefficient comparison of average score students ability in learning to write official letter between experimental class (X) and control class (Y) was obtained as much as 1,82 higher that t-table in significant level of 95% that was t.s. 0,95 = 1,70, then alternative hypothesis (H1) accepted. Thus, using audiovisual media was effectively applied in learning to write official letter at V grade elementary school student in Region I Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Based on this result, the researcher suggested using audiovisual media in learning to write official letter at V grade elementary school student in Region I Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Because audiovisual media developing student’s creativity and imagination, especially in using idea, developing and organizing systematically complete and solid essay. This was applied with the aim of the students can improve their ability to write official letter.

 

Key word         : audiovisual, writing official letter

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat keefektifan penggunaan media audiovisual dalam meningkatkan kemampuan menulis surat resmi siswa Kelas V SD Negeri Wilayah I Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V SD Negeri Wilayah I Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo, yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Maddukkelleng dan seluruh siswa kelas V SD Negeri 5 Maddukkelleng, yang berjumlah 151 orang dengan menggunakan sampel total (total sampling). Sampel dalam penelitian ini dikelompokkan atas dua kelompok, yaitu siswa kelas VA SDN 2 Maddukkellengsebanyak 32 orang sebagai kelompok/kelas eksperimen (X) dan siswa kelas VB SDN 5 Maddukkelleng sebanyak 28 orang sebagai kelompok/kelas control (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberi tes pada setiap kelompok. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik analisis eksperimen jenis uji t desain ketiga.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan perbandingan koefisien nilai rata-rata kemampuan siswa menulis surat resmi antara kelas eksperimen (X) dengan kelas kontrol (Y) yang diperoleh sebesar 1,82 lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan 95% yaitu t.s. 0,95 = 1,70, maka hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian penggunaan media audiovisual efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis surat resmi siswa SD Negeri Wilayah I Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar dalam pembelajaran menulis surat resmi di Kelas V SD Negeri Wilayah I Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo, sebaiknya menggunakan media audiovisual. Karena penggunaan media audiovisual mampu mengembangkan kreativitas dan imajinasi siswa, terutama dalam hal menemukan ide, mengembangkan dan menyusun tulisan yang lebih lebih lengkap, rapi, sistematis, utuh, dan padu. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar siswa mampu meningkatkan kemampuan menulis surat resmi.

 

Kata kunci       : audiovisual, menulis surat resmi


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Nursin. 1990. Dasar-Dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang: Penerbit YE.

Alwi, H., dkk. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai

Pustaka.

Ambo Enre, Fachruddin, dkk. 1995. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arifin E. Zaenal. 1993. Seribu Satu Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Pressindo.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati. 2004. ’’Kemampuan Menulis Surat Pribadi Bahasa Bugis Kelas VIII SMP Cangking Kabupaten Bulukumba”. Skripsi. (tidak diterbitkan). Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hartati. 2006. Analisis Penggunaan Ejaan Bahasa Indinesia yang Disempurnakan dalam Surat Menyurat di Kantor Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Skripsi. (tidak diterbitkan). Makassar: FBS Universitas Negari Makassar.

Munirah. 2005. Dasar Keterampilan Menulis. Diktat. Makassar: FKIP Unismuh.

Nurgiantoro. B. 1995. Penelitian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jogjakarta: BPFE.

Poerwadarminta. W. J. S. 1983. A B C Karang Mengarang. Jogjakarta: U. P. Indonesia.

Poerwadarminta. W. J. S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Ramlan. M. 1981. Sintaksis. Yogyakarta: U P. Karyono.

Sasongko. 2004. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. http://Setyono.blospot.com/2008/07/tipe-tipe pengembangan perangkat pembelajaran. Diakses 8 Februari 2013.

Soedjito. 2010. Terampil Menulis Surat Resmi Bahasa Indonesia. Edisi Pertama. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Soedjito dan Solehan. T. W. 2004. Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia. Bandung: aremaja Rosdakarya.

Suhendar dan Supinah. 1992. MKDU Bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit Pionir Jaya.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v1i2.180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.