PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BRAINSTORMING (PENELITIAN TINDAKAN KELAPADA SISWA KELAS X5 SMA NEGERI I WATANSOPPENG)

HUTBAYA HUTBAYA

Abstract


Abstract

This classroom action research aimed to know the increase in writing narrative paragraphs and paragraphs of narrative writing enhancement after using brainstorming strategies X5 grade students of SMA Negeri 1 Watansoppeng. The study motivated by the fact finding that the ways in which teachers have not been up on learning to write and 2-3 is only able to activate the students so that the learning process is not optimal. Therefore, the alternatives offered teaching writing by using brainstorming strategies. The study found: (1) The process of writing a narrative paragraph that dtunjukkan increase in activity of students in all learning kangkah. (2) Improve the writing paragraph narrative results by looking at changes in the average value obtained in the first cycle of students achieving an average score group 71.31% and in the second cycle increased to 82.24%. the summery of the the study found that  using Brainstorming proved significant in improving the ability of writing paragraphs X5 grade students of SMA 1 Watansoppeng.

Keywords: Narrative Paragraph Writing Ability, Strategy Brainstorming

 

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan menulis paragraf narasi dan peningkatan hasil menulis paragraf narasi setelah menggunakan strategi brainstorming pada siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Watansoppeng.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang dijumpai di lapangan bahwa cara yang digunakan guru belum maksimal pada pembelajaran menulis dan hanya mampu mengaktifkan 2-3 orang siswa sehingga proses pembelajaran belum optimal. Oleh sebab itu, alternatif penyelesaian masalah yang ditawarkan adalah pengajaran menulis dengan menggunakan strategi brainstorming. Penelitian ini menemukan: (1) Proses menulis paragraf narasi mengalami peningkatan yang dtunjukkan  pada keaktifan siswa dalam semua kangkah pembelajaran.(2) Meningkatkan hasil menulis paragraf  narasi dengan melihat perubahan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus pertama mencapai skor rata-rata kelompok 71,31 % dan pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi 82,24 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Brainstorming terbukti signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraph siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Watansoppeng.

Kata Kunci: Kemampuan Menulis Paragraf Narasi, Strategi Brainstorming


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suhardjono. Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Enre, Fachruddin Ambo. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: IKIP UJungpandang.

Gunawan, dkk. 1997. Belajar Mengarang: Dari Narasi hingga Argumentasi. Jakarta: Erlangga

Johnson, David W. 2010. Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama. Bandung: Nusa Media

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muslich, Masnur. 2011. KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Penilaian Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE.

Nurudin. 2007. Dasar-dasar Penulisan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v1i2.178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.