PENGEMBANGAN BUKU TEKS WARAHAN MELALUI MODEL MULTILITERASI UNTUK SISWA KELAS X SMA
Abstract
The objective of this research was to produce Warahan textbook through multi-literacy model and to describe its feasibility. This study used cycle form method. The research procedure was conducted in three stages: pre-cycle, cycle I and cycle II. The result of this research was Warahan textbook through multi-literacy model for tenth grade students of senior high school, and it got content feasibility value 75% with proper category, language feasibility value 75% with proper category, score presentation feasibility value 69.4% with proper category, and graphic feasibility value 72.7% with proper category. Furthermore, textbook feasibility test by practitioner got mean 88.45% with proper category. Product try-out in class got mean 87.1% with proper category. Moreover, based on feasibility questionnaire distributed, it could be concluded that Warahan textbook through multi-literacy model was proper to use as teaching material for tenth grade students of senior high school.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk buku teks warahan melalui model multiliterasi dan mendeskripsikan kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dalam bentuk siklus. Prosedur penelitian dilaksanakan dengan tiga tahap yakni Pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian ini adalah buku teks warahan melalui model multiliterasi untuk siswa kelas X SMA dan menemperoleh penilaian kelayakan isi dengan persentase 75% dengan kategori layak, kelayakan bahasa memperoleh nilai 75% dengan kategori layak, kelayakan penyajian nilai 69,4% dengan kategori layak, dan kelayakan kegrafikan dengan nilai 72,7% dengan kategori layak. Uji kelayakan buku teks oleh praktisi, mendapat nilai rata-rata 88,45% dengan kategori layak. Uji coba produk pada kelas mendapat nilai rata-rata 87,1% dengan kategori layak. Berdasarkan angket uji kelayakan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa buku teks warahan melalui model multiliterasi layak untuk digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas X SMA.
Kata Kunci: Buku Teks, Model Multiliterasi dan Warahan
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2015. Bandung: Refika Aditama.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama
Djajasudarma. Fatimah. 2010. Metode Linguistik. Bandung: PT Redika Aditama.
Kantor Bahasa Provinsi Lampung. 2016. Inventarisasi Cerita Rakyat Kabupaten Tanggamus. Lampung: Kantor Bahasa Provinsi Lampung.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Muslinch, Masnur. 2010. Text Book Writing. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Tarigan, Henry Guntur.2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
Sanusi, Effendi. 2011. Sasra Lisan Lampung. Lampung: Universitas Lampung.
Setiadi, Ag Bambang.2014. Penelitian Tindakan Untuk Guru dan Mahasiswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Universitas Lampung. 2011. Format Penulisan Karya Ilmiah. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Wb, Iyan. 2007. Anatomi Buku. Bandung: Kolbu.
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i2.1615
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.