ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LITERASI MEMBACA SISWA DI SD DAREL HIKMAH

Putri Mayang Perdana, Muhammad Mukhlis

Abstract


AKM merupakan suatu cara untuk mengukur dan menilai pencapaian pada kemampuan membaca peserta didik di seluruh Indonesia dan membandingkan nya dengan standar internasional. AKM dapat juga membantu siswa meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membangun rancangan pembelajaran di dalam porses belajar dalam kelas. Hal ini juga sangat berkontribusi dalam meningkatkan kemajuan pendidikan di indonesia. Dalam peneilitan ini penulis menggunakan metode kualitatif dan penulis juga menelaah mengunakan metode studi kasus. Kenapa penulis menggunakan metode studi kasus ? karena studi kasus juga bertujuan untuk mengkaji dan  mengungkap bagaimana kemampuan literasi peserta didik  dengan meneliti situasi dan menelaah kondisi di SD Darel Hikmah pekanbaru. Hasil dari penelitian ini ada tiga level kognitif yaitu 25% peserta didik dapat menentukan informasi 25% peseta didik dan memiliki pemahaman sebesar 20 peserta didik tidak mampu dalam mengevaluasi atau menelaah soal AKM literasi membaca. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengerjaan soal AKM literasi membaca. Penelitian ini memberikan gambaran tentang kemampuan literasi membaca peserta didik dan dapat digunakan untuk bahan evaluasi meningkatkan kualitas belajar - mengajar

Keywords


Asesmen; Kompetensi; Literasi Membaca.

Full Text:

PDF

References


Andikayana, D. M. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

Andini, D. P. & Mukhlis, M. (2023). Analisis Butir Soal pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca di SMP IT Insan Utama Pekanbaru. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 401—412. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.658

Anggraeni, M. & Mukhlis, M. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa di SD Negeri 09 Merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 9(1):313-325.

Ati, S., Kistanto, Nurdien, & Taufik, A. (2018). Pengantar Konsep Informasi, Data, Dan Pengetahuan. Modul Pembelajaran, (1):11-18.

D.M. Andikayana, N. Dantes, and I.W. Kertih. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca Level 2 Untuk Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2):81-92. doi:10.23887/jpepi.v1112.622.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1):33-54. doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.

Fatzuarni, M. (2022). "Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran." Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1-10.

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika, 9(1):1-8.

Hutapea, A. F., Ruslan, & Asnawi. (2021). Perilaku Pencarian Informasi Melalui Jurnal Elektronik Oleh Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Menggunakan Model Ellis. Jurnal Adabiya, 23(1):38. doi:10.22373/adabiya.v2311.8047.

Latif, Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2):920-35. doi: 10.35673/ajmpi.v9i2.427.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2):244- 57.

Tju, M., & Murniarti, E. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2):110-16. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.7

Purnama, R. (2021). Model Perilaku Pencarian Informasi (Analisis Teori Perilaku Pencarian Informasi Menurut David Ellis). Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1):10. doi: 10.18592/pk.v9i1.5158.

Pusmenjar. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Pengembangan Dan Perbukuan hlm. 1.

Qadir, A., Putra, K. E., Fathir A, M., & Khairamulya R, P. (2022). Pentingnya Pendidikan Bagi Generas Muda Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(11), 1023–1033. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i11.1289

Riyatuljannah, T. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Konstruktivisme. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2):45-53. doi: 10.15575/al-aulad.v1i2.3524.

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Rohim, D. C. (2021)”. Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar." Jurnal VARIDIKA, 33(1):54-62. doi: 10.23917/varidika.v33i1.14993.

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik). Jurnal Kwangsan, 4(2):67. doi:10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia 4(1):41-47. doi: 10.36088/fondatia.v4i1.515.

Yonanda, D. A. (2017). Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Pkn Tentang Sistem Pemerintahan Melalui Metode M2m (Mind Mapping) Kelas Iv Mi Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).doi: 10.31949/jcp.v3i1.410.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v10i2.13907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.