APLIKASI PROBLEM-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DRAMA
Abstract
Artikel ini memaparkan contoh aplikasi problem-based learning dalam pembelajaran drama. Karya yang dipilih adalah naskah drama Arloji karya Hariyanto. Sebagai subjek belajar adalah SMA kelas X semester 1 (satu). Diterapkannya model ini, guru dengan mudah memantau, mengikuti aktivitas siswa selama berdiskusi dan dapat memberikan penilaian selama proses belajar berlangsung. Di samping itu, siswa mampu menganalisis, mengatur waktu, tugas, kelompok kerja, dan cara membuat keputusan.
Full Text:
PDFReferences
Arends. R.I. 1997. Classroom Instruction and Mamagement. New York: The Mc Graw-Hill Company.
Brahim. 1996. Drama adalah Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
Damono. 1993. Pengajaran Drama. Jakarta: Gramedia.
Ibrahim, Muslimin. 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah Latar Belakang, Konsep Dasar dan Contoh Implementasinya. Surabaya: University Press.
Marienau, C. 1999. Self- Assessment at Work: Self Outcomes of Adult Learners Reflection on Practice.
Rahmanto. 1999. Cerita Rekaan dan Drama. Jakarta: Depdikbud. Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D- III.
Sudjiman, Panuti. 1984. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: UI Prees.
Woods. D. 1985. Problem-Based Learning and Problem-Solving in Bood (ed) Problem-Based Learning for the Professions. Sydney: Herdsa
DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v5i1.1337
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JURNAL KONFIKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.