ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF

Rizki Indriani, Sri Rahayu

Abstract


Karya sastra tidak sekadar merupakan kumpulan kata-kata yang tersusun rapi, tetapi merupakan manifestasi dari kreativitas manusia yang mencerminkan imajinasi, pemikiran, dan tindakan. Dalam konteks ini, memahami karya sastra memerlukan pendekatan yang tidak hanya melibatkan aspek estetika dan naratif, tetapi juga tinjauan psikologis terhadap kepribadian tokoh-tokohnya. Ini karena karakter dalam karya sastra seringkali menjadi cerminan dari kompleksitas manusia, yang tercermin dalam struktur kepribadian mereka, seperti id, ego, dan superego. Penelitian terhadap kepribadian tokoh dalam karya sastra, seperti novel Layangan Putus karya Mommy ASF, menjadi penting untuk mengeksplorasi dinamika karakter dan bagaimana mereka bereaksi terhadap berbagai situasi. Metode deskriptif digunakan untuk menguraikan, menganalisis, dan menginterpretasikan kepribadian tokoh utama dalam novel tersebut, dengan fokus pada tiga aspek kepribadian yaitu id, ego dan superego. Data penelitian diperoleh dari novel Layangan Putus karya Mommy ASF itu sendiri, dengan menggunakan kutipan-kutipan yang relevan yang menggambarkan sifat-sifat dan perilaku tokoh utama. Teknik hermeneutik digunakan dalam pengumpulan dan analisis data, yang melibatkan proses pembacaan, pencatatan, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa novel tersebut menghadirkan karakter tokoh utama dengan dominasi kepribadian id. Kinan memiliki kepribadian yang ditunjukan dengan rasa keinginan yang berlebihan.  Sedangkan unsur id pada Aris tergambar sebagai individu yang memiliki keinginan yang kuat. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami kompleksitas karakter dalam karya sastra, sekaligus menjadi pijakan untuk penelitian lanjutan dalam bidang sastra dan psikologi sastra.

Keywords


Novel; Psikoanalisis; Psikologi Sastra.

Full Text:

PDF

References


Altha, Fadillah, dkk. 2023. Analisis Pengaruh Konflik Terhadap Psikologis Tokoh Utama Agnes dalam Novel My Idiot Brother Karya

Agnes Davona. Jurnal Tuturan Vol.12 No.1

Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Amran, dkk. 2018. Analisis Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Berteman Dengan Kematian Catatan Si Gadis Lupus Karya Sinta Ridwan. Jurnal Ilmu Budaya. Vol.2 No.3

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

ASF, Mommy. 2020. Layangan Putus. Malang: RDM Publisher

Astuti, Yulin. 2020. Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Ayat- Ayat Cinta Karya Habibburrahman El Shirazi ( Tinjauan Pustaka). Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol.5 No.1.

Darma, Budi. 2019. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Jakarta: Caps Publishing.

Lestari, Ananda, dkk. 2023. Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Cahaya De Amstel Karya Arumi Ekowati: Perspektif Merindu Psikologi Islam dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra. Jurnal Konfiks. Vol.10 No.1

Madasari, Okky. 2013. Pasung Jiwa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Margianti, Fitri, dkk. 2021. Analisis Psikologi Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Malik dan Elsa Karya Boy Candra. Jurnal Edukasi Khatulistiwa. Vol.4 No.1.

Minderop, Albertine. 2013. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Primayanti, Agustini. 2016. Analisis Psikologi Kepribadian Tokoh Utama Novel Perjalanan Mengalahkan Waktu Karya Fatih Zam dan Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA.

Ratna, Nyoman. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhmansyah, Alfian. 2018 Struktur Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel The Sweet Sins Karya Rangga Wirianto Putra. Jurnal Deiksis: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.5 No.2.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warnita, Siti, dkk. 2021. Analisis Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. Jurnal Enggang: Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni dan Budaya. Vol.1 No.2.

Waslam. 2015. Kepribadian dalam Teks Sastra: Suatu Tinjauan Teori Sigmund Freud. Jurnal Pujangga. Vol.1 No.2.

Widi, Andiani, dkk. 2022. Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Telembuk Dangdut dan Kisah Cinta yang Keparat. Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol 9 No.2.

Wilyah ,Wahdaniyah, dkk. 2021. Analisis Kepribadian Tokoh Dara dalam Novel Brizzle: Cinta Sang Hafizah Karya Ario Muhammad ( Psikologi Sastra ). Jurnal Konsepsi. Vol. 10 No.2.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v10i2.13111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.