KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA

Yuyun Fitriatun, Erwin Erwin, Supratman Supratman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 2 Pemenang Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan tehnik simak, tehnik catat, dan tehnik rekam. Data yang diperolah oleh peneliti berupa percakapan antara guru dengan siswa, siswa dengan  guru, serta siswa dengan siswa. Teori yang diguanakan dalam penelitian ini adalah teori kesantunan kesantuana berbahasa, tyang berkaitan dengan maksim kebijaksanaan, maksim kedermawaan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim pemufakatan, dan maksim simpati. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti sikap santun yang diterapkan oleh guru dan siswa SMP Negeri 2 Pemenang sangtlah maksimal. Guru lebih dominan menggunakan maksim kedermawaan sedangkan siswa lebih menerapkan maksim penghargaan.

 


Keywords


Maksim; Kesantunan Berbahasa; Interaksi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abid, S. (2019). Kesantunan berbahasa mahasiswa terhadap dosen di media sosial WhatsApp. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 230–244.

Ariska, I. (2018). Analisis Kesantunan Berbahasa Imperatif dalam Interaksi Belajar Mengajar pada Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. FBS.

Azizah, R. S. N. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V SDI Al-Anshar Bekasi. Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.

Daniel, Y. F. G., Yani, A., & Owon, R. A. S. (2020). Kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia: Prinsip kesantunan Geoffrey Leech. CARWAJI, 5(1), 1–8.

Djumingin, A. (2016). Analisis kesantunan berbahasa guru dan siswa pada kegiatan presentasi pembelajaran bahasa indonesia kelas viii smp negeri 12 makassar. FBS.

Fuadi, A. (2020). Keragaman dalam dinamika sosial budaya kompetensi sosial kultural perekat bangsa. Deepublish.

Gaol, R. W. L., Sitorus, P. J., Panggabean, S., & Sitorus, N. (2023). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Novel Semua Indah pada Waktunya Karya Eko Hartono dan Implikasinya dalam Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4789–4797.

Harahap, I. H., & Manurung, A. A. (2022). Analisis Pengaruh Resilensi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa DI MTs Ruhul Islam Sialambue. Jurnal EduTech Vol, 8(1).

Haryadi, H., Listini, L., Gunawan, G., Supriatini, S., & Yati, Y. (2021). KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PERCAKAPAN GURU DAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Bindo Sastra, 5(1), 33–44.

Idris, S. (2014). Kajian Hegemoni Dalam Bertindak Tutur Guru Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 1 Pangkep Kabupaten Pangkep. Jurnal Konfiks, 1(2), 85–103.

Irma, M. C. H. N., Harmawati, D., & Fitrianti, H. (2022). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 4-5 Tahun. Seulanga: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 100–108.

Layaliya, F. N., Haryadi, H., & Setyaningsih, N. H. (2021). Media pembelajaran bahasa dan sastra (studi pustaka). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 81–84.

Mutmainah, A., Supriyono, S., & Hastuti, H. (2022). TINDAK TUTUR DALAM FILM BERJUDUL “BEBAS” KARYA RIRI RIZA. Warahan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–15.

Nabila, H. S. (2022). Kesantunan Berbahasa Tokoh dalam Film Anak Karaeng: Perspektif Brown & Levinson= Politeness in the Language of Characters in Films Anak Karaeng Perspective of Politeness Brown and Levinson. Universitas Hasanuddin.

Prasetya, G. A., Ramadhan, H., & Sari, R. P. (2022). PRINSIP KESANTUNAN DALAM JUAL BELI ONLINE DI INSTAGRAM: SUATU KAJIAN PRAGMATIK. JURNAL KONFIKS, 9(2), 68–81.

Putri, R. D. (2020). ANALISIS PENGGUNAAN KALIMAT IMPERATIF ORANG TUA KEPADA ANAKNYA DI DUSUN SUMBERSARI SIDOMULYO KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS. Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

Rauf, A. (2017). Dampak Psikologi Makian Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Strata Sosial Masyarakat Bahasa. Jurnal Konfiks, 4(2), 111–127.

Rauf, A. (2019). DAMPAK PSIKOLOGI MAKIAN BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI STRATA SOSIAL MASYARAKAT BAHASA. JURNAL KONFIKS, 6(2), 26–44.

Sakaria, S. (n.d.). KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP NEGERI 2 GALESONG KABUPATEN TAKALAR. KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP NEGERI 2 GALESONG KABUPATEN TAKALAR.

Salsabil, R. D., & Ningsih, R. (2023). KESANTUNAN BERBAHASA WARGANET DALAM KOLOM KOMENTAR INSTAGRAM@ JOKOWI ‘RUANG CAKAP DIGITAL.’ JURNAL KONFIKS, 10(1), 44–54.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suri, S. M., Usman, U., & Sakaria, S. (2023). Kesantunan Berbahasa Guru Dan Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ix Smp Negeri 2 Galesong Kabupaten Takalar. Titik Dua: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 87–98. https://doi.org/10.59562/titikdua.v3i2.47014

Wahyudi, Y. (2019). Pola Komunikasi Keluarga dalam Mendidik Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Kota Medan.

Widodo, A. S. (2013). Harga diri dan interaksi sosial ditinjau dari status sosial ekonomi orang tua. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2).

Wulan Dari, A., Chandra W., D. E., & Sugiyati, M. S. (2017). Analisis Kesantunan Berbahasa pada Kegiatan Pembelajaran Kelas VIII E SMPN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 10–21.

Yanto, Y. (2013). Kesantunan Berbahasa dalam Komunikasi Terapeutik Perawat di RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto: Kajian Pragmatik. Jurnal Skriptorium, 2(2), 135–145.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v10i2.12661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.