MEMPERKUAT JATI DIRI BANGSA DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA

Isah Cahyani, Munirah Munirah, Lia Yuliandra, Nina Ariani

Abstract


Keterampilan menulis menjadi hal yang perlu diperhatikan saat ini karena merupakan kemampuan penting dalam berkomunikasi untuk menyampaikan suatu maksud dan tujuan, meningkatkan kreativitas, dan menjadi ciri dari bangsa terpelajar yang kreatif dan imajinatif. Kenyataannya keterampilan menulis kita secara umum sangat rendah. Ini terlihat dari minimnya produk dan kualitas tulisan yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan sedikitnya porsi pemberian latihan menulis yang disediakan guru di kelas, kurangnya kreativitas dalam penggunaan model pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk menulis, dan rendahnya kebiasaan membaca siswa.Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning (DL). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel penelitian ialah siswa kelas IV SD di Kecamatan Purwakarta.Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes menulis, observasi, dan wawancara. Keterampilan menulis dinilai melalui rubrik yang telah divalidasi dosen ahli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensi yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model DL dapat meningkatkan efektifitas keterampilan menulis cerita fiksi, dibuktikan dari nilai post tesyang lebih besar. Hal ini disebabkan karena model DL memungkinkan siswa mengeksplorasi, mengklasifikasi, dan memanfaatkan data lebih banyak sehingga meningkatan imajinasi, pemilihan dan pembendaharaan kata serta kreativitas siswa. Kesemuanya membantu siswa menulis lebih baik.

Keywords


Cerita Fiksi; Discovery Learning (DL); Efektivitas; Menulis.

Full Text:

PDF

References


Alfieri, L., Brooks, P. J., Aldrich, N. J., & Tenenbaum, H. R. (2011). Does Discovery-Based Instruction Enhance Learning? Journal Of Educational Psychology, 103(1), 1–18. Https://Doi.Org/10.1037/A0021017

Alma, Buchari, Dkk. (2010). Guru Profesional Menguasai Metode Dan Terampil Mengajar.Bandung: Penerbit Alfabeta.

Anam, R. S. (2015). Efektivitas Dan Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar Upi, 2(1). Https://Doi.Org/10.17509/Mimbar-Sd.V2i1.1334.

Ausubel, D. P. (1971). Limitations Of Learning By Discovery. In Readings In Secondary School Mathematics (Vol. 20, Pp. 197–213). Https://Doi.Org/10.1177/019263656104526904.

Bicknell-Holmes, T., & Hoffman, P. S. (2000). Elicit, Engage, Experience, Explore: Discovery Learning In Library Instruction. Reference Services Review, 28, 313–322. Https://Doi.Org/10.1108/00907320010359632.

Booth, W. C. (1983). The Rhetoric Of Fiction. Novel A Forum On Fiction (Vol. 1). Https://Doi.Org/10.2307/1345261.

Bower, G.G. (2014). Theory And Practice: Utilizing Dewey's Experiential Learning Theory To Implement A 5k Road Race. Journal Of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 15 (1), Hlm. 61-67.

Bruner, J. (1961). The Act Of Discovery. Harvard Educational Review.

Retrieved From Http://Scholar.Google.Com/Scholar?Hl=En&Btng=Search&Q=Intitle:The+Act+Of+Discovery.

Cahyani, Isah. (2012). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter Dengan Pendekatan Experiental Learning.Prodi Pendidikan Dasar Sps UPI.Bandung.

Dahar, R.W. (2011). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daniel Phua & Nur Khairiani Jamal. (2011). Kajian Pengajaran: Pengajaran Penulisan Pengenalan Karangan Deskriptif. In Seminar Bahasa Melayu 2011 (Pp. 179–190).

Dunne, Richard. (2007). Pembelajaran Efektif (Terjemahan). Jakarta: Grasindo.

Frigg, R. (2010). Models And Fiction. Synthese, 172(2), 251–268. Https://Doi.Org/10.1007/S11229-009-9505-0.

Hermann, G. (1969). Learning By Discovery. Journal Of Experimental Education, 38(1), 58–72. Https://Doi.Org/10.1080/00220973.1969.11011167.

Holland, J. H., Holyoak, K. J., Nisbett, R. E., & Thagard, P. R. (1986). Induction: Processes Of Inference, Learning, And Discovery. Computational Models Of Cognition And Perception. Https://Doi.Org/10.1109/Mex.1987.4307100.

Hoogeveen, M. & Gelderen, A. (2016). Writing With Peer Response Using Different Types Of Genre Knowledge: Effects On Linguistic Features And Revisions Of Sixth Grade Writers. The Journal Of Educational Research, 20 (1), Hlm. 1-14.

Humphrey, K.R. (2014). Lessons Learned From Experiential Group Work Learning. Social Work With Group, 37, Hlm. 67-72.

Kamilah, S. L. (2014). Penerapan Model Savi Dalam Pembelajaran Menulis Puisi (Eksperimen Semu Terhadap Siswa Kelas Vii Smp Negeri 9 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013). Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(5).

Lidwina, S. (2012). Keterampilan Membaca Dan Menulis. Jurnal Stie Semarang, 4 No.03. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004.

Marisi, A. K. (2007). Efektivitas Model Pengukuran Kreativitas Dalam Pembelajaran Hk Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Evaluasi Pendidikan, 10(2), 169–190.

Marzano, R. J. (2011). The Perils And Promises Of Discovery Learning. Educational Leadership, 69(1), 86. Retrieved From Http://Inholland.Summon.Serialssolutions.Com/Link/0/Elvhcxmwtv05cgmxepmhuiz1pmdwzphy13sqwei1hxjbm2xyiv8ndkirf6itbjkqmxcg8ru9xvixk5bqqcoetfkratwxdz6xsoz03gn9y Ptao5tpeah F0a2dpkbhkczqhkfdknovzc0-Chsgviysqbrdsvjifgvgnc4rajforg3vhczivhxfz1 S7k2gdh9smw.

Mawardi, H. (2016). Efektivitas Penerapan Sistem Pembelajaran Multiple Intellegences Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Kelas Viii Smp Lazuardi Insan Kamil Sukabumi). Safina Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 12–25. Retrieved From Http://Journal.Staimi-Depok.Ac.Id/Index.Php/Safina/Article/View/2.

Mayer, R. E. (2004). Should There Be A Three-Strikes Rule Against Pure Discovery Learning? American Psychologist, 59(1), 14–19. Https://Doi.Org/10.1037/0003-066x.59.1.14.

Mohamed, H. (2016). Meningkatkan Kemahiran Menulis Karangan Melalui Penggunaan Track Changes. Malaysian Journal Of Learning And Instruction, 13(1), 135–159.

Muhammad Zahri Abdul Karim & Muhammad Haron Husaini. (2016). Tahap Penguasaan Penulisan Karangan Bahasa Arab Dalam Kalangan Pelajar Sekolah Agama Menengah. E-Jurnal Penyelidikan Dan Inovasi, Iii(1), 123–138. Https://Doi.Org/10.1111/J.1475-6765.2011.02014.X.

Munawaroh, Rimma. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Menulis Terbimbing Terhadap Kreativitas Dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogic Pendidikan Dasar Jilid, 1(3) September 2013.

Nor Asiah Binti Ismail. (2011). Penguasaan Penulisan Karangan Bahasa Melayu Dari Perspektif Komunikatif. Seminar Penyelidikan 2011 Zon Timur Di Ipg Kampus Sultan Mizan, Besut, Terengganu, (1970), 1–12.

Nurhayati, A., & Uny, F. B. S. (2004). Unsur-Unsur Dalam Cerita Fiksi. Unsur-Unsur Dalam Cerita Fiksi, 1–7.

Nurani, Ajeng Cahya. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Melalui Penerapan Pembelajaran Model Discovery Learning. UNS FKIP Pendidikan Bahasa Dan Seni.

Nurhayati, Nunik. (2015). Model Pembelajaran Menulis Ceria Pendek Dengan Menggunakan Teknik Brainwriting Yang Berorientasi Pada Kreativitas Siswa. IV Sekolah Dasar Daerah Terpencil Pesisir Selatan Perbatasan Jawa Barat- Benten Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition. Bandungriksa Bahasa Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pembelajarannya, Volume 1, Nomer 1.

Maret 2015.Rakhmat, I. (2012). Memilah Fakta Dan Fiksi Dalam Kitab Suci : Sebuah Usaha Hermeneutis. Kanz Philosophia : A Journal For Islamic Philosophy And Mysticism, 2(2), 221. Https://Doi.Org/10.20871/Kpjipm.V2i2.31.

Rahman. (2013). Pengembangan Kemampuan Menulis Kalimat Pada Siswa Kelas: UPI (Tidak Diterbitkan).

Robiatul A’dawiah, J., & Halimah, Z. B. (2011). Pembangunan Perisian Cerita Animasi Interaktif Untuk Pendidikan Sains. Jurnal Teknologi Pendidikan Malaysia, 1, 5–18. Retrieved From Http://Www.Jtpm-Meta.Com/Resources/141 - Jtpm V1n4 - 2011 - Rabiatul - 1.

Rumelhart, D. E., & Zipser, D. (1985). Feature Discovery By Competitive Learning. Cognitive Science, 9(1), 75–112. Https://Doi.Org/10.1016/S0364-0213(85)80010-0.

Sari, V. N., & Sukartiningsih, W. (2006). Penerapan Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Petuualangan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pgsd, 2(2), 1–4.

Sari, Vivi N., Sukartiningsih Wahyu. (2014). Penerapan Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Petualangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya Vol. 02 Nomer 02 Tahun 2014.

Setyanto, A. (2006). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen Dalam Kajian Komunikasi. Jurnal.Uajy.Ac.Id, 3(1), 1–104. Retrieved From Http://Jurnal.Uajy.Ac.Id/Jik/Files/2012/05/Jik-Vo3-No1-2006_2.

Silalahi, R., & Haryadi, H. (2015). Peningkatan Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Melalui Media Lagu Medley Siswa KELAS VIII SMP SINTANG. Lingtera, 2(1), 73–83. Https://Doi.Org/10.21831/LT.V2I1.5409.

Skolnik, H. (1973). Truth In Fiction. Journal Of Chemical Documentation, 13(3), 106. Https://Doi.Org/10.1021/C160050a001.

Soleha, Yoharti Srie. (2014). Pembelajaran Menulis Deskripsi Dengan Teknik Pemandangan Indah Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Percobaan (SDNP) Cileunyi, Kabupaten Bandung. Metalingua, Jurnal Penelitian Bahasa Volume 12, Nomer 1, Juni 2014.

Sterling, B. (2009). Design Fiction. Interactions, 16(3), 20. Https://Doi.Org/10.1145/1516016.1516021.

Sulaiman, N. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Novick Dalam Pembelajaran Kimia Kelas XII IA 2 SMAN 1 Donri-Donri. Jurnal Chemica, 13(2), 67–73.

Suma, K. (2010). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Peningkatan Pengusaan Konten Dan Penalaran Ilmiah Calon Guru Fisika. JPP Undiksha, 43(1), 47–55. Https://Doi.Org/10.7821/Jppundiksha.V43i1.1701.

Sumasari, Y. J. (2014). Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Hikayat Cerita Taufiah. Desember, 4(2), 2089–3973.

Supranto, J. (2000). Teknik Sampling Untuk Survey Dan Eksperimen. Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.

Supriyadi, -. (2013). Strategi Learning Community Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Wacana Deskriptif Siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 36–47. Https://Doi.Org/10.17977/JIP.V18I1.3381.

Sutikno Sobry. (2008). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tomkins, L., & Ulus, E. (2016). Oh Was That “Experiential Learning”?! Spaces, Synergies And Surprises With Kolb’s Learning Cycle. Management Learning, 47 (2), Hlm.158-178.

Wood, J. (2008). How Fiction Works. How Fiction Works. Https://Doi.Org/DOI 10.1093/Escrit/Cgp014.




DOI: https://doi.org/10.26618/konfiks.v10i2.10862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL KONFIKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Journal Konfiks is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.