Redtape Pelayanan Publik (Studi Kasus: Pelayanan Sertifikat Tanah Di Kantor Badan Pertanahan Nasional) Di Kabupaten Enrekang

Febry Angraeni Karia, Budi Setiawati, Rulinawati Kasmad

Abstract


This research was objected to find out the Redtape Of Public Service (Case Study : Land Certificate Service At The National Land Authority) In Enrekang.  The research used qualitative method with study case there were 7 respondents using primary and secondary data. Data were obtained through observation, interview, and documentation using data reduction, data presentation and conclusion. This reseach found that redtape of public service for land certificate in Enrekang regency is still needed to develop effective, fast, and efficient human resources in Enrekang regency. This service improvement enables sociefies to obtain their rights and hopefully facilitates such a good public service for the society.


Full Text:

PDF

References


Albar, Muh Asis .2019. Sudah Setahun Ratusan Sertifikat Tanah Program PTSL Belum Diserahkan BPN Enrekang.(Online) http://makassar-tribunnew.com.cdn.amproject.org.Dikases Pada Tanggal 1 Februari 2019.Pukul 21.10 WITA.

Aulia, Hiki Riska. 2015. Strategi Pemerintah Dalam Meminimalkan Pelayanan Berbelit-Belit (Redtape) Birokrasi di Kantor System Administrasi Manunggal Saru Atap Kabupaten Gowa. (online) http://jurnal.unismuh.ac.id.Diakses Pada Tanggal 10 Desember 2018.Pukul 20.08 WITA.

Bozeman, Barry and Feeney, Marry K. 2011. Rules and Redtape: A Prism For Public Administration Theory and Research. New York: M.E.Sharp, Inc.

Dwiyanto, Agus. 2015. Reformasi Birokrasi Kontekstual. Yogyakarta: Gajah Mada

Hardiyanto, Tane. 2018. Kepala BPN Jumlah Bidang Tanah Di Sulsel Yang Terdaftar Capai 30,57%. (Online) http://nasional.kontan.co.id.Diakses Pada Tanggal 10 Desember 2018.Pukul 10.10 WITA.

Hasanah, hasyim. 2016. Teknik-Teknik Observasi. Jurnal at-taqqadum.Vol, 8.No.1.

Kumorotomo, Wahyudi. 2014. Etika Administrasi Negara. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Lukman. 2015. Redtape dan Perilaku Masyarakat Dalam Pelayanan Izin Usaha Perdagangan Di Kota Makassar. (Online) http://jurnal.unhas.ac.id.Diakses Pada Tanggal 10 Desember 2018. Pukul 21.10 WITA.

Maharani, Tsarina. 2018. Pelayanan Pemerintah daerah Paling Banyak di Keluhkan Warga ke Ombudsman di 2017. (Online) http://m.datik.com .Diakses Pada Tanggal 3 Mei 2019.Pukul 14.56 WITA.

Rampi, Eman Chrisna Aldiro. 2017. Kepastian Hukum Terhadap Pelayanan Persertifikatan Tanah Melalui Program Layanan Rakratuntuk Sertifikat Tanah (Larasita).Jurnal Hukum Unsrat.

Satori, Djaman dan Aan Komariah. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Siagian, Sondang P. 2000. Patologi Birokrasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sinambela, Lijan Poltak. 2017. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

  Flag Counter

_____

Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin Nomor 259 

Kota Makassar - Sulawesi Selatan