Implementasi Pelayanan Informasi Dan Pengaduan ( Pindu ) Di Kabupaten Enrekang

Intan Permata Indah, Fatmawati Fatmawati, Sudarmi Sudarmi

Abstract


ABSTRAK
Tujuan di laksanakannya penelitian adalah untuk mengetahui Implementasi Pelayanan Informasi Dan Pengaduan PINDU Di Kabupaten Enrekang. Tipe penelitia adalah kualitatif yaitu penelitian yang mengutamakan data dalam bentuk kalimat/pernyataan yang bersumber dari data primer/informan. Informan tersebut di pilih sesuai dengan informan terkait dengan obyek penelitian. Dalam hal ini Implementasi Pelayanan Informasi Dan Pengaduan (PINDU) Di Kabupaten Enrekang. Tipe penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pelayanan program Pindu telah berjalan sesuai dengan aturan pada standar operasional proedur (Sop) PINDU serta pelayanan kebijakan program PINDU dari segi indikator pelayanan yaitu ukuran dan tujuan menunjukkan bahwa ukuran dan tujuan, ciri badan pelaksana, komunikasi antar organisasi, dan sumber daya organisasi.

Keywords


Implementasi, Pelayanan, Informasi

Full Text:

PDF

References


A.S Moenir. 1992. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Agustino, Leo.2012. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta

Dewi, Kusuma Rahayu. 2016. Study Analisi Kebijakan. Bandung: CV. Pustaka Setia

Jakarta:Raja Grafindo Persada. Indiahono, Dwiyanto. 2017. Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analysis. Yogyakarta: Gava Media.

Kasmad, Rulinawati. 2014. Analisis Jaringan Pengembangan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Implementasi Kebijakan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Di Kota Makassar. Makassar:UniversitasHasanuddin.

Mulyadi, Deddy. 2016. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Mutiarin, dyah dan Arif Zaenudin. 2014. Manajemen Birokrasi dan Kebijakan.Yogyakarta:

Sholthan, Azikin. 2011. Format Pemerintah Daerah Dalam Penyusunan Kebijakan APBDPasca Pilkada Langsung. Ombak: Yogyakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Suratman. 2017. Generasi Implementasi Dan Kebijakan Publik. Surabaya: Capia Publishing.Osborne, David, and Ted Gaebler. 1992.Reinventing Government : How The Entrepreneur Spirit is Transforming The Public Service, terjemahan :Mewirausahakan Birokrasi Mentransformasikan Semangat Wirausaha ke Dalam Sektor Publik. Alih BahasaAbdul Rosyid dan Ramelan. Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo

Steelman, Toddi A. 2010. Implementing innovation : fostering enduring change in environmental and natural resource governance, Washington:Georgetown University Press. Winarno, Drs budi. 2012. K

Winarno, Drs budi. 2012. Kebijakan Publik Teori, Proses, dan Studi Kasus. Yogyakarta: CAPS.

Bappenas. 2010. Manajemen pengaduan masyarakat dalam pelayanan publik. https://www.bappenas.go.id/files/4013/7637/9049/Manajemen_Pengadua n_Masyarakat_Dalam_Pelayanan_Publik.pdf. (16 desember 2019).

Reformasi birokrasi program doctor universitas Indonesia. Bappenas, Fantonius. 2019 Robiyati padungge. Mewujudkan Birokrasi yang Mengedepankan Etika Pelayanan Publik. Mewujudkan-Birokrasi-Yang-Mengedepankan-Etika-Pelayanan-Publik. 2019

Rasyid, evisarita. 2022. “diseminasi diskominfo dalam meningkatkan pelayanan informasi melalui website di kabupaten enrekang.”

Rijal, lahibu tuwu, andi nilwana, dan kamaruddin sellang. N.d. “implementasi pelayanan terpadu satu pintu di kabupaten enrekang.” Sosial politik & ekonomi.

Safira, rahmayani. N.d. “implementasi pelayanan informasi dan pengaduan (pindu) di kabupaten pinrang.”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

  Flag Counter

_____

Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin Nomor 259 

Kota Makassar - Sulawesi Selatan