PENERAPAN ETIKA BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PANGKEP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat kesamaan dalam pelayanan publik, keadilan dalam pelayanan publik, tingkat tanggung jawab pegawai dalam pelayanan publik dan loyalitas pegawai yang menitikberatkan pada etika birokrasi. Etika birokrasi sebagai seperangkat nilai yang menjadi acuan atau panduan bagi tindakan manusia dalam organisasi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkep. Dengan 9 informan terkait judul penelitian, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan etika birokrasi dalam pelayanan publik masih perlu ditingkatkan agar masyarakat benar-benar mendapatkan pelayanan yang maksimal, hal ini dapat dilihat dari: 1) masih terdapat tindakan nepotisme dalam pemberian pelayanan dengan diskriminatif pelayanan kepada masyarakat, 2) Dari segi keadilan, Masih ada tindakan diskriminatif dalam pelayanan. 3) Dari sisi tanggung jawab, perlu adanya kerjasama yang baik, pengawasan dan tindakan tegas terhadap petugas dalam melaksanakan tugasnya dan 4) Loyalitas karyawan juga masih kurang dalam aturan, masih ada karyawan yang melanggar aturan yang ada.
Kata kunci: Etika, Birokrasi, Pelayanan Publik.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
_____
Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar
Jalan Sultan Alauddin Nomor 259
Kota Makassar - Sulawesi Selatan