PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DIGITAL FLIPBOOK PADA MATERI IPA SIKLUS AIR DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH KOTA SERANG

Penulis

  • fitriyani fitriyani

DOI:

https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i2.7864

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan e-Modul berbasis digital flipbook pada mata pelajaran IPA siklus air. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Muhammadiyah Kota Serang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE yang meliputi lima langkah, yaitu: (1)  analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif, kemudian data diuji dan dihitung menggunakan N-gain ternormalisasi. Penelitian pengembangan produk yang memenuhi validasi oleh ahli materi mencapai 92% dengan kategori sangat layak dan ahli media mencapai 90% dengan kategori sangat layak kemudian menghasilkan rata-rata nilai 91% dinyatakan bahwa pengembangan e-Modul berbasis digital flipbook dapat dikatakan efektif dalam pembelajaran.

Diterbitkan

2022-10-04

Terbitan

Bagian

Articles