METODE GASING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA DI SD
DOI:
https://doi.org/10.26618/zcc4f471Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran peserta didik yang menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan karena cara mengajar guru yang masih monoton, sehingga berdampak pada kemampuan berhitung yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik melalui metode gasing pada pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri Kranggan tahun ajaran 2025/2026. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis & Mc. Taggart dengan subjek penelitian peserta didik kelas V SD Negeri Kranggan tahun ajaran 2025/2026 yang berjumlah 8 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik, wawancara dan dokumentasi. Adapun indikator keberhasilan yang dicapai adalah adanya peningkatan kemampuan berhitung peserta didik berdasarkan hasil tes ≥ 85% dari seluruh jumlah peserta didik mencapai nilai KKTP ≥ 75. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode gasing dapat meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik pada pembelajaran Matematika materi keliling bangun datar di kelas V SD Negeri Kranggan tahun ajaran 2025/2026.