PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUANMEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERIPECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.26618/25pe1q36Kata Kunci:
Make A Match, media puzzle, pemahaman konsep, matematika, pecahanAbstrak
Model pembelajaran Make A Match merupakan salah satu metode interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, khususnya pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Make A Match berbantuan media puzzle terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Negeri 27 Singkawang. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari 50 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui tes Pre-Test dan Post-Test, serta dianalisis menggunakan uji-t dan Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemahaman konsep sebelum dan sesudah penerapan model Make A Match, dengan nilai t hitung sebesar 2,93 yang lebih besar dari t tabel 2,01. Selain itu, hasil Effect Size sebesar 0,83 menunjukkan bahwa model ini memiliki pengaruh besar terhadap pemahaman konsep siswa. Keterlaksanaan pembelajaran juga menunjukkan hasil sangat baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 85%. Dengan demikian, model pembelajaran Make A Match berbantuan media puzzle efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan siswa dan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.