APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HOTS DI SEKOLAH DASAR

Fatonah Salfadilah, Andi Prastowo, Yusuf Rendi Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan aplikasi kahoot dalam penilaian ranah kognitif peserta didik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan aplikasi kahoot pada penilaian kognitif berbasis HOTS dapat menjadi salah satu alternatif mempermudah pendidik dalam mengukur tingkat kognitif peserta didik. Aplikasi kahoot memiliki beberapa peranan penting, yaitu aplikasi kahoot menyediakan hasil kuis dengan komprehensif, dan aplikasi kahoot dapat mengukur tingkat kognitif dengan soal HOTS serta inovasi dalam penilaian kognitif berbasis HOTS. Aplikasi kahoot memiliki kelebihan dan kelemahan saat digunakan dalam penilaian kognitif berbasis HOTS. Adapun Kelebihan kahoot ialah peserta didik lebih memerhatikan pendidik saat menyampaikan materi agar bisa menjawab soal menggunakan aplikasi Kahoot, menimbulkan sikap kompetitif dalam kelas, pembatasan waktu sehingga membuat peserta didik bersungguh-sungguh dalam mengerjakan soal, serta pendidik dipermudah mendapatkan hasil pengerjaan peserta didik. Kelamahan pada aplikasi kahoot ialah sarana dan prasana menjadi salah satu kekurangan utama dalam penggunaan aplikasi kahoot sebagai penilaian kognitif berbasis HOTS, kahoot dibatasi 120 karakter dalam kalimat di soal, dan kolom jawaban sebanyak 75 karakter dan aplikasi kahoot berbayar untuk berlangganan fitur premium.

Keywords


kahoot, penilaian kognitif, hots, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Alfiani, Annas, Mitha Widayanti, dan Suci Sukma Fauziah. 2021. “Literature Review: Efektivitas Penggunaan Kahoot! Dalam Mendukung Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar 6(1):89–99.

Anindyta, Pricilla, dan Suwarjo Suwarjo. 2014. “Pengaruh problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan regulasi diri siswa kelas V.” Jurnal Prima Edukasia 2(2):209–22.

Anon. t.t. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa | Daryanes | Journal of Natural Science and Integration.” Diambil 15 Desember 2022 (https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JNSI/article/view/9283).

Damayanti, Nadhira Aisyah, dan Retno Mustika Dewi. 2021. “Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4):1647–59.

Fauzan, Rikza. 2019. “Pemanfaatan Gamification Kahoot.It Sebagai Enrichment Kemampuan Berfikir Historis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Kolonialisme Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1):254–62.

Fitrianingsih, Mutiara, Arif Widiyatmoko, dan Stephani Diah Pamelasari. t.t. “Analisis Instrumen Penilaian Hots Berbasis Game Mata Pelajaran Ipa Untuk Pembelajaran Jarak Jauh.”

Ghawail, Entisar Alhadi Al, dan Sadok Ben Yahia. 2022. “Using the E-Learning Gamification Tool Kahoot! To Learn Chemistry Principles in the Classroom.” Procedia Computer Science 207:2667–76. doi: 10.1016/j.procs.2022.09.325.

Helaluddin, dan Hengki Wijaya. 2019. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Idris, Mimi Musmiroh, dan Abas Asyafah. 2020. “Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kajian Peradaban Islam 3(1):1–9. doi: 10.47076/jkpis.v3i1.36.

Irwan, Irwan, dan Atri Waldi. 2019. “Implementasi Kahoot! sebagai Inovasi Pembelajaran.” Journal of Civic Education 2(1):126–40. doi: 10.24036/jce.v2i1.130.

Jannah, Kunuzil, dan Triesninda Pahlevi. 2020. “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi" Kahoot!" Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Jurusan OTKP Di SMK Negeri 2 Buduran.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8(1):108–21.

Khomsah, Ahmad Fadilah, dan Muhammad Imron. 2020. “Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kolaborasi Metode Questioning Dan Media Kahoot.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 5(1):99–118. doi: 10.55187/tarjpi.v5i1.3867.

Maulidia, Fia, dan Triesninda Pahlevi. 2020. “Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Soal Pilihan Ganda Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Jurusan OTKP SMK Negeri 1 Lamongan.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8(1):136–45. doi: 10.26740/jpap.v8n1.p136-145.

Muhammad, Yogga Mar, dan Tetep Tetep. 2018. “Implementation of Kahoot Application To Improving Of Interest Of Civic Education Learning (Experimental Research In Class XI of SMA Negeri 1 Garut).” Journal Civics and Social Studies 2(1):75–92. doi: 10.31980/2655-7304.v2i1.399.

Mustikawati, Fenny Eka. 2019. “Fungsi Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Hlm. 99–104 dalam Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra.

Nasution, Widi Harawi Rizqi. 2019. “Pemanfaatan Media Kahoot dalam pembelajaran IPA Pada Sekolah Dasar Di Era Revolusi 4.0.”

Nugroho, Agung Setyo. 2018. “PENGEMBANGAN ULANGAN APLIKASI GOOGLE FORM.” 1(2).

Nuryanah, Nuryanah, Linda Zakiah, Fahrurrozi Fahrurrozi, dan Uswatun Hasanah. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5):3050–60.

Primayana, Kadek Hengki. 2021. “Implementasi Manajemen Pembelajaran Daring Berbantuan Platform Kahoot Terhadap Kepuasan Mahasiswa.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 2(1):51–62. doi: 10.55115/edukasi.v2i1.1392.

vinika elita Putri, Vivi, dan Muhamad Abdul roziq Asrori. 2019. “Pemanfaatan Digital Game Base Learning Dengan Media Aplikasi Kahoot. It Untuk Peningkatan Interaksi Pembelajaran.” INSPIRASI: JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL 16(2).

Rizeki Afiah, Ardhia, dan Iqbal Ahnaf Fi Faruq. 2018. “Instrumen Penilaian Berbagai Kompetensi atau Indikator Dalam Pencapian Hasil Belajar Sd/Mi.” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Simarmata, Janner, Mustofa Abi Hamid, Rahmi Ramadhani, Dina Chamidah, Lidia Simanihuruk, Meilani Safitri, Darmawan Napitupulu, Muhammad Iqbal, dan Nur Agus Salim. 2020. Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wang, Alf Inge, dan Rabail Tahir. 2020. “The Effect of Using Kahoot! For Learning – A Literature Review.” Computers & Education 149:103818. doi: 10.1016/j.compedu.2020.103818.

Widyasari, Nurbaiti, Apri Utami parta Santi, Pratiwi Kartika Sari, dan Venni Herli Sundi. 2022. “PELATIHAN KAHOOT SEBAGAI E-ASSESMENT UNTUK GURU SD DI CIKOLE, SUKABUMI.” AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):7–14. doi: 10.24853/an-nas.1.2.7-14.

Wirani, Yekti, Tifanny Nabarian, dan Muh Syaiful Romadhon. 2022. “Evaluation of Continued Use on Kahoot! As a Gamification-Based Learning Platform from the Perspective of Indonesia Students.” Procedia Computer Science 197:545–56. doi: 10.1016/j.procs.2021.12.172.

Zahara, Rosina, Fadhilah Syam Nasution, Yusnadi Yusnadi, dan Edi Surya. 2022. “Implementasi Pembelajaran Blended Learning di Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4):6482–90. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3189.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.9791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.