INTEGRASI PENDEKATAN PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Difa Maulidya, Ahmad Syauqi, Ahmad Taraki, Misbahul Jannah, Widya Nurhafni Zulfa Purba

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pentingnya pendekatan pembiasaan dalam kegiatan keagamaan terhadap pembentukan akhlakul karimah pada anak didik, implementasi pendekatan pembiasaan dalam kegiatan keagamaan terhadap pembentukan akhlakul karimah pada anak didik dan integrasi pendekatan pembiasaan dalam kegiatan keagamaan terhadap pembentukan akhlakul karimah pada anak. Penelitian ini memakai jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan penggunaan metode studi kasus. Hasil penelitian ini yaitu sangat pentingnya pembiasaan keagamaan pada siswa karena akhlakul karimah diwajibkan pada setiap orang, dimana akhlak menentukan sifat dan karakter seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Implementasi kegiatan keagamaan yaitu salam, senyum, sapa, sopan, santun (5S), pembiasaan berwudhu sebelum belajar, nasihat pagi, pembacaan sholawat syifa (Sholawat Thibbil Qulub), tadarus al-Qur’an. Integrasi kegiatan keagamaan terhadap akhlak siswa diantaranya yaitu, pembiasaan 5S akan membiasakan anak didik untuk selalu bersikap sopan dan santun kepada semua orang, pembiasaan berwudhu sebelum belajar akan membiasakan anak didik untuk, mau melakukannya serta mempraktikkannya secara terus-menerus dalam kehidupan sehari-hari. pembiasaan nasihat pagi membentuk anak didik yang menyukai ilmu pengetahuan serta menjadikan anak didik yang sebelumnya belum mengetahui suatu hal menjadi tahu. Pembacaan sholawat syifa bertujuan agar anak didik dijauhkan dari penyakit baik penyakit dzohir maupun batin. Pembiasaan membaca al-Qur’an ini diharapkan menjadi kebiasaan tidak hanya di madrasah tetapi juga terbiasa ketika anak didik berada dirumah, infaq jum’at dilaksanakan untuk membiasakan anak didik berinfaq dan untuk mengajari anak didik bahwa tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah, serta untuk melatih kepekaan anak didik terhadap lingkungan sekitar.

Kata Kunci: Integrasi, pembiasaan, kegiatan keagamaan  dan akhlaqul karimah.


Full Text:

PDF

References


Afifah, Nabila Nur. 2020. “Implementasi Kegiatan Infaq Dan Shadaqah Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa Di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember.”

Anisah. 2011. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 5 (1): 70–84.

Cahyo, Setyan Dwi. 2017. “Pembiasaan Jabat Tangan Untuk Pembentukan Karakter Santun, Disiplin, Dan Tanggung Jawab (Penelitian Kualitaif Di Mi Ma’arif Ngrupit Jenangan Kabupaten Ponorogo),” 1–100.

Dewi, Diah Tara, Susi Setia Ningsih, Kukuh Maulana, Program Studi, Pendidikan Guru, Madrasah Ibtidaiyah, and Universitas Islam Negeri. 2022. “Integrasi Ilmu Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2): 14479–85.

Hikmah, Jurnal. 2017. “STATISTIK DESKRIPTIF Leni Masnidar Nasution” 14 (1): 49–55.

Junaidi, Ahmad. 2020. “The Miracle Of Shalawat.” In , 232. Yogyakarta: Araska.

Kurniawan, Syamsul. 2018. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq Al-Karimah.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3 (2): 197. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i2.1792.

Mahmudiyah, Awaliyani, and Mulyadi Mulyadi. 2021. “Pembentukan Karakter Religius Di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren.” ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal 2 (1): 55–72. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.223.

Maisyanah, Maisyanah, Nailusy Syafa’ah, and Siti Fatmawati. 2020. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i01.328.

MELATI, A. 2020. “Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Moral Agama Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra At Tamam Sukarame ….” http://repository.radenintan.ac.id/10097/1/PUSAT 1-2.pdf.

Moh, Ahsanulkhaq. 2019. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2 (1): 21–33.

Musmualim, Musmualim, and Muhammad Miftah. 2016. “PENDIDIKAN ISLAM DI KELUARGA DALAM PERSPEKTIF DEMOKRASI (Studi Pemikiran Hasan Langgulung Dan Abdurrahman an Nahlawi).” Jurnal Penelitian 10 (2): 345–98. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i2.1781.

Ngafifi, Muhamad. 2014. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2 (1): 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616.

Pramudyani, Avanti Vera Risti, and Sugito Sugito. 2014. “Implementasi Pembelajaran Terpadu Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Kb-Tk Islam Al Azhar 31 Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat 1 (2): 160. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2686.

Setiawan, Eko. 2017. “Konsep Pendidikan Akhlak Anak Perspektif Imam Al Ghazali.” Jurnal Kependidikan 5 (1): 55–70. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1252.

Sudirmanto. 2022. “Upaya Guru Pendidikan AGAMA Islam Dalam Pembinaan Sikap Sopan Santun Siswa Terhadap Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi.” Sudirmanto, no. 8.5.2017: 2003–5.

Widodo. 2018. “AL-IMAN : Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan.” Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan 2 (1): 134–54. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/4441.

Zarnetti. 2019. “Peran Kepala Sekolah Dan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Kualitas Ibadah Peserta Didik Di SD Negeri 02 Bojong Barat Kecamatan Kotabumi Kabupaten Lampung Utara.”




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.9777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.