IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBASIS PETA KONSEP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI MAHASISWA

Erlinda Rahma Dewi, Kustiarini Kustiarini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahya keterampilan komunikasi secara verbal dan non verbal mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan di kelas. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya peran aktif mahasiswa dalam pembelajaran seperti menyampaikan ide/gagasan, menanggapi pertanyaan, serta penyampaian tanggapan secara jelas dengan menggunakan ekspresi dan gerakan yang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa melalui implementasi model pembelajaran two stay two stray (TSTS) berbasis peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berangkat dari permasalahan riil yang dihadapi oleh dosen di lapangan dalam proses pembelajaran, kemudian ditindaklanjuti dengan tindakan-tindakan nyata yang terencana dan terukur. Subjek penelitian ini ialah mahasiswa semester 5B tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 29 mahasiswa. Prosedur penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilengkapi intrumen pedoman wawancara, penilaian unjuk kerja, penilaian sikap dan daftar dokumen yang menunjang penelitian. Teknik analisis data dengan model interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan komunikasi mahasiswa dengan predikat sangat baik dari prasiklus ke siklus I dan siklus II secara berturut-turut ialah 10,35% dan 20,69%. Mahasiswa dengan predikat baik juga terus meningkat dengan nilai peningkatan 17,24% dan 20,69%. Sedangkan mahasiswa yang memperoleh predikat cukup berangsur-angsur turun sebesar 27,58% dan 41,38%. Dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran two stay two stray (TSTS) berbasis peta konsep sanga efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa PGMI UIN Raden Mas Said Surakarta.

Keywords


Model Pembelajaran Two Stay Two Stray; Peta Konsep; Keterampilan Komunikasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i2.9011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.