PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK KELAS IV

Aldila Bella Yekti, Istaryatiningtias Istaryatiningtias

Abstract


Abstrak: Rendahnya kemandirian belajar dan kurangnya pengawasan dalam proses belajar yang dilakukan ayah dan ibu peserta didik berpengaruh pada proses perkembangan prestasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Pengkajian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana dampak yang terdapat antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil prestasi belajar peserta didik kelas empat di Sekolah Dasar Negeri Cilandak Timur 01 Jakarta Selatan. Jenis penelitian dalam riset ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan metode probability sampling, melalui teknik random sampling yang terdiri dari tiga kelas kontrol. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara pola asuh orang tua serta kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Dalam penelitian ini memberikan bukti bahwa terdapat pengaruh antar dua variable yang didapat melalui nilai koefisien determinasi varians sebesar 20% yang dapat membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara kedua variabel terhadap prestasi belajar peserta didik

Kata Kunci: pola asuh, kemandirian belajar, prestasi belajar


Keywords


Education, Primary Education

Full Text:

PDF

References


Arumsari, R. (2017). Perbedaan motivasi belajar antara siswa yang berasal dari Jawa dan dari Papua di SMAN 1 Kediri. Simki-Pedagogia, 1(1), 1–13. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/b367173b891ac7dcddd23f93593090fd.pdf

Benga Olla, M., Catharina Daulima, N. H., & Eka Putri, Y. S. (2018). The experience of parents implementing authoritarian parenting for their school-age children. Enfermeria Clinica, 28, 122–125. https://doi.org/10.1016/S1130-8621(18)30050-0

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional

Fadhillah, D., & Novianti, E. (2021). Bagaimana Pola Asuh Orang Tua dan Kecerdasan Intrapersonal Menjelaskan Prestasi Belajar Siswa? JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 7(1), 17–35. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15361

Halong, K., Balangan, K., Adawiah, R., Program, D., Ppkn, S., & Ulm Banjarmasin, F. (2017). Rabiatul Adawiah, Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di POLA ASUH ORANG TUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan) (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3534

Hasanah, N., & Sugito, S. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 913.https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456

Hazizah, N. (2019). Permissive Parenting Effect toward Emotional Development of Early Childhood. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i1.17

Khoirurrohman, T., & Pd, M. (n.d.). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV SD SEKECAMATAN BUTUH KABUPATEN PURWOREJO. Retrieved February 18, 2021, from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=gC_Fh4MAAAAJ&citation_for_view=gC_Fh4MAAAAJ:u5HHmVD_uO8C

Najihah, M., Syarifah, E., & Warsihna, J. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Bimbingan Guru Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Basicedu, 6(1), 1125–1136. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I1.2182

Ratna, W., Sd, N., & Kabupaten Bogor, N. (2016). PENGARUH PERANAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) DI KECAMATAN BOGOR BARAT. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129–137. https://doi.org/10.33830/JP.V17I2.273.2016

Setiadi, H. (2018). University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta - Indonesia. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Peran Guru Di Sekolah Terhadap Kesadaran Beragama Dan Kepribadian Siswa. http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/560/1/Pengaruh Pola Asuh Orang-06092018 _2_.pdf

Simatupang, J. E. (2019). Kemandirian belajar ditinjau dari kepercayaan diri. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 208–223. https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2275

Zizousari dan Yuna Chan. (2016). Working Mom is Super Mom, bagaimana Membagi Antara Keluarga dan Karier,. In E. Swaesti (Ed.), Yogjakarta: Trans Idea Publising (Cetakan Pe). Trans Idea Publishing. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1142874#




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.8216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.